Yuk Kenali Kontraksi Saat Hamil!

No comment 1913 views

kontraksi saat hamil

kontraksi saat hamil – Kontraksi secara umum merupakan tanda – tanda bahwa ibu hamil akan melahirkan. Biasanya kontraksi terjadi pada kehamilan trimester ketiga tentu saja anda dan suami anda mempersiapkan keperluan yang akan dibawa saat menuju persalinan. Namun kontraksi juga bisa terjadi pada kehamilan trimester pertama dan inilah yang biasa disebut dengan kontraksi palsu.

Oleh karena itu anda disarankan untuk mengenali serta mengetahui tentang kontraksi saat hamil berikut adalah penyebab dan cara mengatasi kontraksi pada ibu hamil :

Kontraksi – kontraksi yangs sering terjadi pada wanita hamil

  • Penyebab kontraksi

Didalam tubuh ibu hamil terdapat hormon yang bernama hormon oksitosin. Hormon ini memiliki tugas untuk merangsang refleks pengeluaran ASI. Tapu selain bertugas untuk merangsang produksi dan pengeluaran ASI pengeluaran hormon eksitosin juga salah satu penyebab rahim berkonstraksi. Otot pada rahim ibu hamil akan meregang dan mengerut yang akan membuat kepala bayi terdorong keleher rahim sehingga bayi sudah siap untuk dilahirkan.

  • Rasa kontraksi pada ibu hamil

Banyak ibu hamil yang merasakan kram dan nyeri saat sebelum merasakan kontraksi. Kram ini memang sangat mirip saat kram pada menstruasi. Kontraksi yang sebenarnya terjadi pada ibu hamil akan memiliki pola yang teratur. Semakin lama frekuensi kontraksi pada ibu hamil maka akan semakin sering terjadi dan juga akan berdurasi semakin lama. Ini sangat berbeda dengan kontaksi palsu atau yang biasa disebut dengan istilah braxton hicks yang kadang terasa dan kadang – kadang hilang pada waktu yang tidak tertentu.

Kontraksi palsu ini bisa terjadi karena ibu hamil yang merasa kelelahan. Jika ibu hamil mengalami kontraksi jangan panik dan atasi dengan mengatur pernafasan dengan baik.

  • Mengatasi kontraksi

Jika kontraksi pada ibu hamil datang maka terapkan latihan pernapasan dengan mengatur penapasan dengan baik. Pada proses kelahiran dirumah sakit anda dapat mengatasi dengan mendorong dan mengejan bayi keluar sesuai dengan perintah dari dokter yang ada dirumah sakit.

Nah itulah beberapa ulasan tentang kontraksi saat hamil yang perlu para ibu hamil ketahui. Jangan panik saat mengalami kontraksi yang sebenarnya aturlah pernapasan dengan baik seperti yang telah diajarkan pada kelas prenatal sebelumnya. Dan juga jaga kondisi kesehatan anda dan juga janin anda dengan menjaga asupan gizi yang seimbang. Baca juga tentang Perhatikan! 5 Tips Mencegah Keguguran Saat Hamil Muda

author
No Response

Leave a reply "Yuk Kenali Kontraksi Saat Hamil!"