Yuk Pahami Kontraksi Palsu Saat Hamil!

No comment 1679 views

Yuk Pahami Kontraksi Palsu Saat Hamil!

kontraksi palsu saat hamil – Kontraksi palsu atau yang sering disebut dengan braxton hicks adalah kontraksi pada rahim sporadis yang umumnya terjadi pada kehamilan trimester kedua atau juga bisa terjadi pada trimester ketiga. Meskipun pada umumnya tidak semua ibu hamil mengalami kontraksi palsu. Ada juga beberapa ibu hamil yang mengalami braxton hicks pada kehamilan trimester akhir.

Kontraksi palsu umumnya tidak begitu terasa sakit dan sangat mirip dengan kram saat menstruasi. Kontraksi seperti ini terjadi saat rahim pada ibu hamil mengencang dan kemudian mengendor sehingga menjadi tidak beraturan. Menjelang masa kehamilan terakhir, kontraksi ini akan terasa lebih sakit, terutama apabila janin sedang berubah posisi dengan kepala berada pada posisi ke bawah. Dan beriku adalah ciri – ciri dan juga cara menghadapi kontraksi palsu saat hamil yang wajib untuk para orang tua ketahui khususnya oleh calon bunda :

Ciri – ciri dan tips menghadapi braxton hicks pada ibu hamil

  • Ciri – ciri kehamilan palsu atau braxton hicks

Berikut adalah ciri – ciri kehamilan palsu yang bisa membantu bunda untuk mempermudah mengenali jenis kontraksi yang akan ibu hamil alami nanti, dan bisa membantu membedakan kontraksi palsu dan kontraksi sesungguhnya :

– Frekuensi pada saat kontraksi menjadi tidak beratur, kadang muncul dan kadang hilang pada waktu yang berbeda – beda dan tidak beratur.

– Kontraksi tidak diiringi dengan rasa nyeri. Dimulai dari bagian atas rahim dan kemudian turun kebagian bawah rahim.

– Rasa mulas terasa stabil, tidak bertambah menjadi kuat, atau juga bisa berkurang dari rasa  mulas yang sebelumnya.

– Rasa nyeri terasa pada bagian perut atas bukan pada bagian perut bawah.

–  Rasa mulas biasanya terasa hingga lipatan paha, tetapi tidak merambat kepinggang seperti pada kontraksi yang sesungguhnya.

– Kontraksi akan berkurang jika ibu hamil jalan – jalan.

  • Tips menghadapi kehamilan palsu atau braxton hicks

– Mengubah aktivitas atau posisi ibu hamil. Kadang – kadang dengan berjalan – jalan sedikit bisa memberikan perasaan nyaman dan mengurangi rasa yang menganggu pada ibu hamil.

– Lakukan check-up secara rutin untuk mengenali perkembangan janin secara benar, sehingga anda dapat mengetahui dengan jelas kapan waktunya anda mengalami kontraksi yang sesungguhnya.

– Anda dapat mandi menggunakan air hangat sehingga bisa membantu anda merasa lebih rileks.

– Cobalah minum beberapa gelas air karena kemungkinan kontraksi ini disebabkan karena ibu hamil mengalami dehidrasi.

– Covalah latihan relaksasi pernapasan anda. Hal ini memang tidak dapat sepenuhnya memberhentikan kontraksi palsu tapi bisa membantu anda untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan.

Dengan mengetahui ciri – ciri dan tips menghadapi kontraksi palsu saat hamil bisa membantu anda untuk membedakan antara kontraksi asli dan braxton hicks dan juga bisa membantu anda menghadapi saat mengalami kontraksi palsu. Optimalkan perkembangan janin didalam kandungan anda dengan memberikan asupan nutrisi yang seimbang. Semoga bermanfaat. Baca juga tentang 4 Keluhan Kehamilan 6 Bulan yang Harus Diperhatikan!

author
No Response

Leave a reply "Yuk Pahami Kontraksi Palsu Saat Hamil!"