Yuk, Simak 3 Cara Efektif Hilangkan Stress Saat Hamil

B1C6KP Pregnant woman girl stood alone

Saat hamil, Bunda akan mengalami berbagai macam perubahan baik secara fisik hingga perubahan hormonal. Kekacauan hormonal tersebutlah yang umumnya menimbulkan keluhan-keluhan terutama pada masa awal kehamilan, mulai dari morning sickness hingga perubahan mood atau mood swing. Saat Anda terkena mood swing, Anda akan mudah sekali merasa moody, mudah tersinggung, dan mudah menangis. Perubahan emosi yang terjadi di luar kontrol Anda ini seringkali membuat ibu hamil mengalami stres. Dan jika stres tersebut dibiarkan berlarut-larut, hal tersebut bisa berdampak serius terhadap kehamilan Anda, Moms. Nah, Katalog Ibu punya 3 cara efektif hilangkan stres saat hamil yang bisa Anda coba. Simak ulasannya berikut ini, yuk.

 
• Tidur yang Cukup
Ya, salah satu dari 5 cara efektif hilangkan stres saat hamiladalah dengan menjaga pola tidur yang cukup dan teratur. Memang, pada usia kehamilan tertentu Anda akan mengalami gangguan tidur atau insomnia. Sebagai dampaknya, suasana hati Anda pun menjadi buruk keesokan harinya. Untuk membantu tidur malam Anda menjadi lelap, cobalah untuk mengkonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur, atau bisa juga dengan menyalakan lilin aromaterapi untuk efek relaksasi. Jangan lupa juga untuk memilih posisi tidur yang nyaman terutama saat Anda mencapai kehamilan trimester akhir.

 
• Konsumsi Makanan Sehat
Tahukah Anda kalau konsumsi makanan juga memegang andil dalam menurunkan tingkat stres? Saat stres, Anda cenderung akan mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula dan garam yang tinggi. Padahal, kandungan garam dan gula yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah dan mengakibatkan hipertensi. Yang mana, hipertensi mengakibatkan Anda menjadi lebih mudah marah dan mengganggu mood Anda secara keseluruhan.

Cobalah untuk pelan-pelan beralih dengan mengkonsumsi produk gandum seperti oatmeals atau roti gandum. Gandum mengandung magnesium yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan membantu menyeimbangkan suhu tubuh.

Mengkonsumsi ikan laut yang kaya akan Omega-3 juga sangat disarankan. Asam lemak Omega-3 dapat membantu mencegah peningkatan hormon stres seperti cortisol dan hormon lainnya. Dengan kadar hormon stres yang rendah, ibu hamil pun akan terhindar dari stres.

 
• Berolahraga
Tentu saja, kita semua sudah tahu bahwa olahraga merupakan salah satu solusi yang ampuh dalam mengatasi stres. Tapi bagi ibu hamil, sangat disarankan untuk memilih jenis olahraga yang ringan dan lebih bersifat meditasi. Salah satunya seperti yoga, dimana yoga dapat membantu menetralkan mood sekaligus meningkatkan happy hormones sehingga membuat Anda menjadi lebih rileks.

 
Demikianlah 3 cara efektif hilangkan stres saat hamil. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Simak 3 Cara Efektif Hilangkan Stress Saat Hamil"