Yuks, Ketahui Penyebab dan Dampak Pengapuran Plasenta

Katalogibu – Plasenta adalah hal penting bagi janin ketika masih berada di dalam kandungan. Fungsi plasenta sendiri untuk proses pertukaran produk hasil metabolisme dan produk gas antara ibu dan janin. Artinya peran plasenta sangat penting untuk janin, sehingga moms harus menjaga kesehatannya.

Pada saat kehamilan plasenta sudah mulai terbentuk, ketika memasuki usia kehamilan minggu ke -12 plasenta terus mengalami masa perubahan. Pada kondisi ini muncul masalah pengapuran plasenta. Berikut pembasan lebih lanjutnya.

  • Apa penyebab pengapuran plasenta?

Belum diketahui secara pasti apa penyebab gangguan ini. Namun, kondisi tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya keturunan, faktor lingkungan yaitu adanya radiasi, frekuensi suara rendah, dan reaksi terhadap suatu obat tertentu. Selain itu, infeksi yang diakabatkan oleh bakteri juga dapat mengakibatkan pengapuran.

Dari beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa gaya hidup ibu hamil juga mempengaruhi gangguan tersebut. Untuk itu sangat disarankan untuk moms menerpakan hidup sehat sebelum atau saat kehamilan berlangsung. Perbanyak konsumsi asam folat untuk membantu perkembangan janin.

  • Apa dampaknya?

Banyak pakar mengatakan bahawa pengapuran plasenta adalah hal yang normal terjadi, namun bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada bayi. Adanya gangguan ini tidak memberikan dampak yang serius pada ibu hamil. Meskipun, ada beberapa kasus ibu hamil dengan kondisi ini disarankan untuk melahirkan dengan proses caesar.

 

Risiko gangguan ini pun beragam, tergantung pada usia kehamilan keberapa pengapuran terjadi. Juga, kondisi kesehatan ibu sangat menentukan. Umumnya semakin awal pengapuran terjadi, maka risikonya lebih besar. Pasalnya, jika gangguan ini terjadi ketika menginjak usia kehamilan sebelum 32 minggu menyebabkan pendarahan saat persalinan.

 

Dampak terhadap janin dari gangguan ini, nantinya akan terjadi penumpukan kalsium yang natinya plasenta akan mati dan digantikan oleh jaringan ikat. Kondisi ini tergantung pada jenis pengapuran yang terjadi jika menggangu aliran asupan nutrisi dan oksigen pada janin. Secara umum kondisi ini akan menyumbat aliran darah menuju janin sehingga terjadi gangguna pertumbuhan.

Dari pembahasan di atas untuk mencegah kondisi gangguan tersebut yang harus dilakukan adalah menjaga kesehatan yang paling utama, karena peran plasenta sangat penting untuk melindungi janin. Selain itu menjaga kesehatan juga penting untuk menjaga gangguan-gangguan lain pada masa kehamilan. Untuk menghindari hal tersebut hal yang bisa dilakaukan adalah berhentilah merokok jika bunda masih melakukannya pada masa kehamilan. Serta yang paling penting jalani pola hidup yang sehat dan rutin berolahraga ya.

author
No Response

Leave a reply "Yuks, Ketahui Penyebab dan Dampak Pengapuran Plasenta"