3 Alasan Si Kecil Menolak Suapan Ibu

No comment 1165 views

3 Alasan Si Kecil Menolak Suapan Ibu

Putus asa menghadapi anak susah makan, Bu? Jangan patah semangat dulu, sebab di luar sana juga banyak orang tua yang kesulitan menghadapi anak susah makan. Untuk mengatasi anak yang susah makan, terlebih dahulu Ibu perlu mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Dengan demikian, Ibu bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi rewelnya si Kecil tersayang saat disuapi.
Nah, 3 informasi berikut ini akan membantu Ibu untuk mengetahui apa saja penyebab anak susah makan:

1. Belum lapar atau sudah kenyang

Sebagai orang tua, Ibu harus jeli mengamati perilaku yang ditunjukkan oleh si Kecil. Jika ia menolak makanan yang Ibu suapkan, memalingkan muka, atau malah menangis, maka bisa jadi si Kecil belum merasa lapar. Bersabarlah dan tunggu beberapa saat sampai si Kecil merasa lapar. Apabila saat menyantap kudapannya tiba-tiba si Kecil Jika ia menangkis sendok nasinya, memalingkan muka, atau bahkan menutup rapat mulutnya, itu berarti ia merasa sudah cukup kenyang dan berhentilah untuk memaksanya makan.

2. Menghindari makanan baru

Tak sedikit anak susah makan karena menghindari bahan tertentu, terlebih jika memiliki rasa yang agak tajam, bau menyengat, atau teksturnya kurang menarik. Untuk menghindari penolakan semacam ini, Ibu dapat menyiasatinya dengan memasukkan bahan makanan baru ke dalam sajian favorit si Kecil. Misalnya saja, campurkan wortel yang dipotong halus ke dalam sup daging kegemaran si Kecil atau campurkan bayam ke dalam nugget kesukaannya.

3. Tidak suka dengan tampilan makanan

Anak susah makan biasanya juga cenderung memilih sajian berdasarkan penampilannya. Ia akan benar-benar mencermati apakah makanan tersebut enak atau tidak berdasarkan warna, bentuk, bahkan aromanya. Maka dari itu, Ibu harus selalu menyediakan hidangan yang menarik secara visual dan sesuai dengan selera si Kecil. Jika ia anti menyantap sayuran hijau, maka sembunyikan bayam, sawi, atau kangkung dengan mencampurkannya di dalam makanan lain.

Nah, itulah beberapa alasan yang membuat anak susah makan. Dengan mengetahui 3 alasan tersebut, semoga Ibu bisa memikirkan strategi yang pas untuk membangkitkan selera makan si Kecil. Selain memerhatikan tampilan dan kelezatan makanan, jangan lupa juga gunakan bahan-bahan berkualitas yang kaya akan nutrisi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil tersayang. Selamat memasak, Bu!

author
No Response

Leave a reply "3 Alasan Si Kecil Menolak Suapan Ibu"