3 Cara Dalam Melakukan Perawatan Kulit Bayi

No comment 997 views

3 Cara Dalam Melakukan Perawatan Kulit Bayi

Perawatan Kulit Bayi – Si kecil mengalami ruam di beberapa bagian tubuh seperti bokong, pinggang, dan daerah sensitif? Boleh jadi kondisi tersebut secara tidak langsung disebabkan oleh popok atau produk perawatan bayi yang dia pakai. Para ahli kesehatan anak mengelompokan ruam pada kulit bayi kedalam beberapa kategori termasuk yang paling umum adalah karena iritasi.

Gangguan kulit pada bayi dan balita seperti biang keringat, eksim popok, dan eksim susu sebenarnya bisa diatasi bila orang tua rajin menjaga kesehatan kulit. Perawatan kulit bayi ini bisa dilakukan untuk menghindari iritasi tersebut, caranya dengan rajin mengganti popok, memilih bahan pakaian yang lembut, serta menjaga udara kamar agar tetap sejuk dan nyaman.Berbeda dengan kulit dewasa yang tebal dan mantap, kulit bayi dan balita relatif tipis dengan ikatan antarsel yang longgar.

Perawatan kulit yang harus Ibu lakukan pada bayi Ibu adalah dengan caranya setiap memandikan bayi, gunakan air hangat yang bersih. Kemudian setelahnya keringkan kulit bayi dengan benar menggunakan handuk lembut. Terutama jika bayi Anda berbadan gemuk dan tubuhnya berlipat-lipat. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan lotion anti biang keringat yang aman. Saat mengoleskan lotion, Anda bisa sembari melakukan pijat bayi dengan lembut. Cara ini bisa menjadi bukti kasih sayang Anda terhadap si bayi. Yang perlu Anda perhatikan adalah ruangan tempat si bayi. Usahakan kamar dan tempat bermain bayi Anda memiliki ventilasi udara yang cukup sehingga ia tidak terlalu sering berkeringat.

Ada 3 cara dalam melakukan perawatan kulit bayi antara lain:

  • Perawatan kulit bayi dengan mengkeringkan tubuh si kecil

Dalam mengeringkan tubuh si kecil, jangan sampai ada yang terlewatkan. Gunakan handuk yang lembuk dan keringkan seluruh tubuh bayi, termasuk setiap lipatan, seperti lipatan paha, siku, leher dan lipatan telinga. Jangan lupa dengan mmberikan bedak khusus bayi http://www.bilna.com/blog/pigeon-baby-powder-selembut-kulit-bayi/ agar tubuh si kecil terbebas dari iritasi kulit.

  • Perawatan kulit bayi dengan memberikan baby oil di bak mandi

Saat memandikan bayi, gunakan air hangat. Cek suhu air dengan memasukkan tangan atau siku anda ke dalam air, jangan sampai air terlalu panas atau dingin. Gunakan sabun mandi khusus bayi, yang ditambahkan beberapa tetes baby oil tanpa pewangi ke dalam bak mandi. Baby oil untuk menjaga kelembaban dan kelembut kulit bayi. Sebaiknya bayi tidak mandi busa, karena dapat mengeringkan kulit bayi.

  • Perawatan kulit bayi dengan menghindari sabun anti bakteri

Ternyata sabun anti bakteri tidak cocok untuk kulit bayi. Tekstur kulit yang masih tipis malah membuat kulit mudah teriritasi.

 

author
No Response

Leave a reply "3 Cara Dalam Melakukan Perawatan Kulit Bayi"