Manfaat Posyandu untuk Balita Anda

No comment 11718 views

layanan posyandu

Kesehatan balita- Apakah Anda rutin membawa balita ke Posyandu? Berkunjung ke Posyandu merupakan salah satu bentuk dukungan Anda terhadap program pemerintah dalam upaya meningkatkan dan memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat, utamanya kesehatan balita.

Sesuai dengan misi pemerintah tersebut pemerintah menyediakan beberapa bentuk Posyandu, seperti Posyandu balita dan lansia. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas informasi tentang layanan Posyandu balita dan manfaatnya untuk mendukung kesehatan balita. Apa sajakah layanan itu? Temukan jawabannya berikut ini:

Tujuan Posyandu

Tujuan Posyandu sangat mulia yakni fokus melayani ibu dan anak serta mensejahterakan kesehatan masyarakat dengan program dan pelayanan terpadu.

  • Menurunkan angka kematian ibu dan anak
  • Meningkatkan pelayanan kesehatan anak dan ibu demi mencengahnya kematian anak dan ibu
  • Mewujudkan keluarga kecil sehat sejahtera
  • Meningkatkan rasa peduli masyarakat akan pentingnya kesehatan

Demi mencapai tujuan posyandu tersebut tentunya Posyandu merumuskan berbagai kegiatan.  Nah, setelah mengetahui tujuan dari posyandu di atas, simak manfaat posyandu berikut ini :

1. Perbaikan gizi

Keberadaan Posyandu sendiri salah satunya adalah untuk mendukung perbaikan gizi dan kesehatan balita. Di Posyandu inilah orang tua akan mendapatkan pendidikan dan pengetahuan tentang gizi dan kesehatan balita serta makanan-makanan yang baik untuk mendukung pertumbuhan balita. Anda juga dapat bertanya banyak hal tentang pemberian gizi yang baik untuk sang buah hati, termasuk juga upaya perbaikan gizi dan pencegahan terhadap gizi buruk. Semuanya dapat Anda tanyakan melalui kader-kader yang ada di Posyandu terdekat di rumah Anda.

2. Pemantauan kesehatan

Selain perbaikan dan pendidikan gizi, Posyandu juga memberikan pelayanan untuk memantau tumbuh kembang balita. Layanan tersebut diantaranya berupa penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, serta memeriksa kesehatan balita. Apabila dalam pemeriksaan ini ditemukan indikasi penyakit dalam tubuhnya, maka akan segera dirujuk ke Puskesmas.

3. Imunisasi

Imunisasi diberikan secara berkala sejak bayi lahir dan memasuki usia anak-anak. Nah, di Posyandu inilah balita akan mendapatkan pelayanan imunisasi tersebut. Pemberian vaksin dalam imunisasi ini sangat penting untuk mendukung kesehatan balita Anda. Melalui imunisasi tersebut, balita akan memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.

4. Memantau pertumbuhan dan perkembangan balita

Posyandu memberikan layanan pemantauan pertumbuhan balita baik secara jasmani maupun rohani, seperti pengukuran berat badan tan tinggi badan. Dengan dilakukannya pemantauan secara rutin dan berkala ini dapat diketahui bagaiman proses pertumbuhan dan perkembangan anak apakah normal atau tidak, sehingga dapat ditentukan langkah apa yang harus segera dilakukan.

5. Pencegahan dan pegagulangan diare

Selain tiga kegiatan bermanfaat di atas, manfaat Posyandu yang satu ini juga tak kalah penting yaitu pencegahan dan penanggulangan terhadap diare pada balita. Umumnya, balita sangat rentan terkena diare yang bisa diakibatkan karena lingkungan, makanan, dan pola hidup yang kurang bersih. Nah, di Pos Pelayanan Terpadu ini Anda akan mendapatkan informasi seputar pencegahan diare dan cara untuk mengatasi jika balita terserang diare.

Selain empat layanan kesehatan balita tersebut, Posyandu biasanya juga memberikan layanan informasi keluarga berencana. Pendidikan KB ini sangat penting untuk menekan angka kematian ibu dan anak. Jadi, jangan ragu lagi untuk ke Posyandu ya! Baca juga : 8 Manfaat Brokoli untuk Tubuh Si Kecil

 

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Posyandu untuk Balita Anda"