4 Perawatan Gigi Bayi Selain Menyikat Gigi

4 Perawatan Gigi Bayi Selain Menyikat Gigi

Perawatan gigi bayi – Betapa bangganya bunda ketika melihat ujung gigi susu pertama si kecil tumbuh yang nantinya akan muncul satu persatu hingga akhirnya lengkap. Ini artinya bunda harus membiasakan si kecil untuk memulai menyikat giginya sehabis sarapan dan sebelum tidur dengan sikat gigi halus khusus bayi.

Membiasakan diri untuk membersihkan gigi harus dimulai sejak kecil, pasalnya menurut penelitian sebanyak 28 persen anak – anak berusia 2 hingga 5 tahun mengalami kerusakan. Bunda tentunya tidak mau kan melihat gigi si kecil rusak?

Walaupun kerusakan hanya terjadi pada gigi susu yang nantinya bisa terganti oleh gigi permanen tapi jangan meremehkan pentingnya gigi susu pada anak. Selain membantu anak untuk makan, tersenyum dan bicara dengan benar, gigi bayi adalah dasar bagi tumbuhnya gigi dewasa.

Sangat dianjurkan, saat gigi pertama mulai muncul segera melakukan perawatan gigi bayi dengan melakukan konsultasi ke dokter gigi. Perawatan gigi bayi yang tepat akan menghindarkan gigi bayi dari dari ancaman kerusakan dan penanggalan gigi secara prematur yang mengakibatkan masalah ortodontik.

Nah, selain menyikat gigi, perawatan gigi bayi apa saja yang harus bunda lakukan untuk menjaga gigi si kecil agar tidak rusak?

Tips merawat gigi bayi

1. Batasi makanan dan minuman manis
Tidak bisa dipungkiri bahwa si kecil memang suka dengan yang manis – manis. Untuk itu bunda harus cerdas dengan memberinya buah – buahan yang manis daripada memberinya permen, sirup, dan es krim. Selain buruk untuk giginya, mengonsumsi makanan dan minuman yang manis – manis ini akan berakibat buruk pada kadar gula darahnya.

2. Minum air putih sebelum tidur
Saat akan tidur biasakan si kecil untuk minum air putih daripada harus minum susu atau ASI. Karena menyusu sebelum tidur ataupun sambil tidur dapat merusak gigi bayi. Minum air putih sebelum tidur juga dapat membersihkan gigi bayi sehingga sangat dianjurkan.

3. Minum dengan gelas
Setelah ASI sebisa mungkin bunda harus membiasakan si kecil untuk minum di gelas daripada minum menggunakan botol susu akan mengakibatkan minuman yang mengandung gula menetes pada gigi bayi, berbeda dengan minum menggunakan gelas yang akan terteguk dan tertelan lansung. Jadi ketika si kecil menginginkan jus buah jangan di berikan pada botol susunya melainkan letakan pada gelas.

4. Perhatikan label makanan
Jika bunda membeli makanan bayi yang siap makan perhatikan label makanannya. Jika di dalam label tersebut terdapat kandungan glukosa, laktosa, dan sukrosa, itu adalah gula pada makanan yang dapat merusak gigi bayi.

Melakukan perawatan gigi bayi tidaklah susah kan bunda? Jangan sampai si kecil menjadi salah satu anak yang menderita kerusakan gigi sehingga merasakan sakitnya gigi di cabut. Baca juga : Apa Saja Kendala Pemenuhan Gizi Balita?

author
No Response

Leave a reply "4 Perawatan Gigi Bayi Selain Menyikat Gigi"