4 Tips Tepat Mengatasi Gigi Berlubang Pada Anak!

gamab41

gigi berlubang pada anak – Gigi berlubang atau yang sering disebut dengan kereis gigi adalah salah satu keluhan atau penyakit yang paling sering di alami oleh anak – anak. Pada penelitian kurang lebih 90 persen anak mengalami gigi berlubang atau keries gigi. Keluhan yang sering terjadi dari gigi berlubang adalah nyeri pada gigi dan ifeksi yang menyebabkan anak – anakn tidak memiliki nafsu makan.

Hal ini berefek buruk pada bagian tubuh lainnya dan akan mengganggu kegiatan anak – anak sehari – hari. Berikut adalah cara mengatasi gigi berlubang pada anak yang perlu bunda ketahui :

Cara menghindari dan mengatasi gigi berlubang pada anak

Gigi berlubang atau keries gigi merupakan suatu proses yang dapat merusak susunan gigi yang disebabkan bakteri secara tidak langsung dengan cara memproses karbohidrat menjadi asam. Fermentasi sukrosa ini dilakukan oleh bakteri rongga mulut terutama bakteri streptococcus mutant. Asam itu kemudian akan mengikis struktur gigi dari lapisan terluar yang paling keras yaitu email gigi kemudian ke lapisan yang paling lunak yaitu dentin gigi. Pengikisan ini ini di tandi dengan adanyang spot putih kemudian spot kecoklatan lalu kehitam dan yang paling terakhir yaitu gigi berlubang. Pada saat proses terjadinya gigi berlubang rongga dan mulut akan terasa kering dan tingkat keasamannya akan meningkat. Hal ini bisa disebabkan karena anak – anak yang sering mengkonsumsi obat – obatan dan juga kebiasaan anak – anak yang sering bernafas melalui mulut.

Untuk menghindari gigi berlubang biasakanlah anak anak anda agar menggosok gigi sebelum tidur dan selesai makan. Dan biasakan anak – anak untuk selalu berkumur atau meminum air putih setiap selesai memakan makanan atau meminum minuman yang manis. Karena sukrosa yang terkandung dalam makanan atau minuman manis akan cepat melekat dengan plak permukaan gigi sehingga sangat mudah difermentasi oleh bakteri dalam mulut dan dapat menyebabkan gigi berlubang.

  • Cara mengatasi gigi berlubang pada anak

– Secara rutin lakukan pemeriksaan ke dokter gigi anak minimal 6 bulan sekali

– Biasakan meminum air putih setelah memakan makanan dan meminum minuman manis

– Bersihkan sisa – sisa makanan yang berada disela – sela gigi dengan menggunakan tusuk gigi yang lembut dan lakukan secara perlahan

– Perbanyak makan buah – buahan dan sayuran, karena dalam buah dan sayuran banyak mengandung serat. Hal ini dapat membantu menghilangkan sisa makanan yang menempel pada gigi anak setelah mereka makan makanan menu utama.

Nah itulah bunda cara cerdas untuk mengatasi gigi berlubang pada anak yang wajib bunda ketahui. Biasakanlah mereka menggosok gigi sebelum tidur agar gigi mereka tidak berlubang dan tetap terjaga kesehatannya. Semoga bermanfaat bunda. Baca juga yuk Tips Sehat Mengurangi Berat Badan Balita 

author
No Response

Leave a reply "4 Tips Tepat Mengatasi Gigi Berlubang Pada Anak!"