6 Daftar Makanan yang Dapat Merusak Gigi Anak

5 Daftar Makanan yang Dapat Merusak Gigi Anak

Makanan yang merusak gigi anak – Menjaga kesehatan gigi seharusnya dilakukan sejak usia dini, untuk menjaga kesehatan gigi anak selain mengajarkan anak untuk selalu menyikat gigi setiap hari, pagi dan malam, ternyata menjaga kesehatan gigi anak juga dipengaruhi oleh pola makannya. Sebagai orang tua yang baik selain harus memberikan makanan untuk kesehatan gigi anak, Anda juga harus menjauhkan anak dari makanan yang mengganggu kesehatan gigi nya.

Biasanya makanan perusak gigi anak merupakan makanan yang sangat disukai oleh anak – anak tersebut. Untuk itu Anda harus dapat membatasi makanan yang merusak gigi balita agar kesehatan giginya terjaga. Taukah Anda yang termasuk dalam daftar makanan yang merusak gigi anak? Simak ulasan berikut.

Jenis makanan yang mengganggu kesehatan gigi anak

1. Susu formula
Saat anak sudah tidak minum susu lagi, orang tua akan memberikan anak susu formula dengan tujuan agar tubuh anak menjadi sehat. Namun kesalahan yang terjadi saat memberikan susu untuk anak yaitu dengan memberinya susu aneka rasa, mungkin tujuan Anda agar anak tidak rewel dan menyukai susu tersebut tapi sebenarnya susu dengan berbagai rasa seperti coklat dan stroberi dapat mengganggu kesehatan gigi anak. Untuk itu lebih baik Anda memberikan susu formula dengan rasa plain pada balita.

2. Snack
Snack atau makanan ringan anak seperti chips maupun chiki juga merupakan jenis makanan yang mengganggu kesehatan gigi anak karena makanan-makanan ini sangat mudah untuk terselip di gigi. Maka dari itu, segera bersihkan sudut-sudut gigi si kecil setiap selesai menghabiskan snack nya.

3. Jenis – jenis permen
Semua anak pastilah menyukai segala macam jenis permen ataupun makanan yang manis dan lengket. Namun makanan yang manis dan lengket sudah pasti merupakan jenis makanan perusak gigi anak. Oleh karena itu, seusai anak menghabiskan permennya mintalah ia berkumur dengan menggunakan air hangat untuk menjaga giginya.

4. Sereal dan roti
Para ibu mungkin seringkali menyediakan sereal dan roti untuk alternatif sarapan si kecil. Padahal, sereal dan roti merupakan makanan yang mengganggu kesehatan gigi anak. Dua jenis makanan ini mengandung karbohidrat kompleks yang memungkinkan bakteri berkembang biak. Jadi, batasilah konsumsi dua makanan ini untuk anak Anda ya.

5. Makanan renyah
Selain makanan yang manis, anak – anak suka dengan makanan yang renyah dan gurih seperti keripik kentang dan sejenisnya. Makanan dengan tekstur renyah tersebut sebenarnya masuk dalam katagori makanan yang merusak gigi balita. Kenapa? Karena makanan tersebut dapat masuk dalam celah – celah gigi anak dan ketika membersihkan gigi kurang tepat atau tidak bersih akan menyebabkan pembusukan makanan dalam gigi yang membuat gigi anak menjadi rusak.

6. Jus dalam gelas bayi

Tahukah Anda gelas bayi yang memungkinkan bayi menyedot cairan dari dalam gelas lewat tutupnya? Biasanya para ibu melatih anaknya untuk mulai meninggalkan dot menggunakan gelas ini. Tak cuma untuk menyajikan susu formula, tapi juga minuman lain yang digemari anak seperti jus. Nah, jus yang diminum dengan gelas seperti ini rentan membuat gigi anak berlubang. Ini dikarenakan gelas seperti itu merilis cairan dengan kecepatan yang lambat, membuat jus lebih lama berada di dalam mulut dan berpotensi merusak gigi.

Dari kelima jenis makanan yang merusak gigi anak di atas, tentu saja semua itu merupakan makan favorit anak – anak. Namun bunda harus selalu menjaga kesehatan giginya dengan membatasi konsumsi makanan tersebut agar nantinya anak tidak terserang sakit gigi. Baca juga : 4 Makanan Bantu Anak Tidur Lelap

author
No Response

Leave a reply "6 Daftar Makanan yang Dapat Merusak Gigi Anak"