6 Tips Melindungi Anak dari Penyakit di Musim Hujan

Katalogibu – Moms, tahukah Anda? Di musim hujan seperti saat ini, si kecil akan lebih mudah terserang penyakit. Seperti yang sudah di bahas di artikel sebelumnya jenis penyakit saat musim hujan perlu diwaspadai. Tentunya semua orang tua tidak mau anaknya terserang oleh penyakit tersebut, untuk itu simak tips berikut untuk mewaspadainya.

 

  1. Memberikan Asupan Nutrisi yang Tepat

Moms, sangat penting untuk diperhatikan dalam hal pemberian asupan nurtisi pada si kecil di musim hujan seperti saat ini untuk memperkuat daya tahan tubuh si kecil dari dalam. Dengan cukupnya nutrisi maka si kecil tidak akan mudah diserang oleh penyakit.

 

  1. Mengawasi si kecil saat bermain di Luar Rumah

Saat musim hujan, moms tetap bisa mengajak si kecil bermain di luar ruangan. Namun, untuk mewaspadai si kecil terserang oleh penyakit maka moms harus mengawasi si kecil agar tidak bermain di daerah yang ada genangan air ataupun di area berlumpur. Sebab kenapa? Karena, area tersebut merupakan tempat berkembangnya bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit di musim hujan.

 

  1. Ajari Si Kecil Mencuci Tangan dengan Benar

Setelah si kecil asyik bermain di luar ajak si kecil untuk mencuci tangan dengan benar, itu dalah salah satu tindakan dasar untuk mencegah si kecil dari flu. Minimal anak melakukan cuci tangan selama 20 detik.

 

  1. Vaksin Flu

Flu dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun. Namun, flu akan merajalela di musim hujan. Salah satu cara tebaik agar terhindar dari virus flu adalah dengan melakukan vaksin yang khusus untuk flu, pastikan anak sudah menerima vaksin influenza.

 

  1. Cegah Si Kecil dari Gigitan Nyamuk

Banyaknya genangan air di musim hujan, mengakibatkan perkembangan nyamuk semakin meningkat. Jika hal ini di biarkan, maka si kecil akan beresiko terserang penyakit demam berdarah yang bisa disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Untuk menghindari gigitan nyamuk, moms bisa mengolsekan lotion anti nyamauk khusus anak pada tubuh si kecil.

 

  1. Pastikan Lingkungan Bersih

Nyamuk yang membawa virus dangue (demam berdarah) aktif di malam hari. Untuk itu, pastikan menutupi wadah air di rumah, karena nyamuk pemabawa demam berdarah paling suka hidup di air yang tidak mengalir.

 

Itulah tips yang harus di perhatikan moms agar anak terhindar dari penyakit di musim hujan. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan bagi moms ya.

author
No Response

Leave a reply "6 Tips Melindungi Anak dari Penyakit di Musim Hujan"