7 Manfaat Mencukur Rambut Bayi

No comment 4908 views

7 Manfaat Mencukur Rambut Bayimencukur rambut bayi – acara memotong rambut rambut bayi memang mempunyai tujuan tertentu bagi setiap orang tua, ada yang memotong rambut agar menjadi tumbuh lebat, ada yang bertujuan agar terlihat trendi dan rapi dan ada juga mencukur rmbut bayi karena masalah kesehatan kulit kepala.

kapan waktunya rambut bayi dicukur pertama kali

pemotongan rambut bayi dari segimedi tidak ada kesepakatan kapan waktu yang tepat untuk memotong rambut bayi yang pertama kali. tetapi jika melihat dari segi kondisi maing masing bayi yang berbeda beda. kebanyakan bayi yang kondisi rambutnya sangat tebal dan ada kotoran rambut bekas persalinan, mungkin memotong rambut bayi bisa dilakukan pada minggu pertama.

sedangkan pada bayi yang mnderita alergi kulit atau dermatitis mencukur rambut anak bisa dilakukan pada usia 3 – 4 bulan. lalu ketika berusia 1 sampai 2 tahun rambut bayi sudah memanjang dan mencapai telinga dan mengganggu penglihatan, dalam kondisi ini bisa dilakukan pemotongan.

Manfaat Mencukur Rambut Bayi

  1. ketika persalinan ibu sudah selesai, ketika itu bayi melewati jalan lahir yang juga membawa kotoran dan lemak ibu termasuk menempel pada rambut bayi. pemotongan rambut bayi pada kasus ini dapat membersihkan sisa sisa kotoran dan lemak yang menempel pada rambut bayi.
  2. aliran darah ke kepala akan meningkat sehingga membuat kebutuhan nutrisi kulit kepala bisa tercukupi.
  3. jika nutrisi pada kulit kepala bisa tercukupi, maka rambut bayi bisa lebih kuat dan menjadi lebih lebat juga kuat.
  4. jika bayi mempunyai gangguan kerak kepala yang ditandai dengan kerak kepala berwarna kuning dan agak berminya, pemotongan rambut bisa mempermudah dalam pemeliharaan gangguan kulit kepala pada bayi tersebut.
  5. dengan rambut anak yang pendek, para ibu mudah untuk mendeteksi adanya masalah kulit kepala seperti bisul, luka atau iritasi.
  6. bisa mempermudah adaptasi visual bayi. bila bayi mempunyai rambut panjang dan sampai menghalangi penglihatan mata atau sampai ke kornea mata bisa menggangu bayi dalam berdaptasi visual, hal semacam ini biasa disebut dengan Visus.
  7. rambut yang panjang bisa menimbulkan iritasi di sekitar telinga. rambut panjang terebut bisa memberatkan anak karena alergi pada kulit telinga. maka perlu mencukur rambut bayi.

Baca Juga 5 Tips Memilih Tempat Tidur Bayi Yang Baik

author
No Response

Leave a reply "7 Manfaat Mencukur Rambut Bayi"