8 Manfaat Brokoli untuk Tubuh Si Kecil

No comment 511 views

Manfaat BrokoliMenyiapkan makanan bayi enak untuk buah hati merupakan rutinitas baru sebagai orang tua. Yah, si Kecil dalam usia emasnya ini membutuhkan pemenuhan nutrisi yang baik agar tumbuh kembangnya berlangsung optimal. Namun, Anda perlu selektif memilih bahan untuk kudapannya agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik.

Sayur merupakan sumber gizi alami yang mudah didapatkan serta harganya cukup terjangkau. Sayur yang memiliki warna hijau tua memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan si Kecil, seperti brokoli. Kandungan gizi di dalamnya akan membantu memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil lho! Yuk, simak manfaat brokoli sebagai makanan bayi berikut ini: (Baca juga: 6 Khasiat Semangka untuk Wanita Hamil)

  • Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Brokoli banyak mengandung vitamin A dan lutein yang berguna untuk memelihara kesehatan matanya sehingga terhindar dari penyakit membahayakan seperti katarak. Selain itu, terdapat kandungan glucoraphanin yang membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat pancaran sinar matahari sehingga berisiko terjadinya penuaan dini.

  • Mengurangi Reaksi Alergi dan Peradangan

Brokoli kaya akan kaempferol dan isothiocyanates yang mampu mengurangi dampak alergi pada tubuh anak dan juga brokoli kaya akan omega 3 sebagai anti-inflamasi atau peradangan.

  • Memelihara Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kekuatan tulang,  tentu membutuhkan banyak asupan kalsium dan vitamin K. Brokoli menyediakan kedua mineral tersebut sehingga baik untuk mendukung pertumbuhan tulangnya. Selain itu, kedua zat baik tersebut cocok menjaga kekuatan gigi dan menurunkan risiko oesteoporosis.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam brokoli mampu menjaga pencernaan agar berfungsi dengan baik, mencegah penyakit seperti sembelit atau konstipasi. Dan antioksidannya merupakan detoks alami yang membersihkan saluran pencernaan seperti lambung dan usus dari racun.

  • Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan momok menakutkan bagi manusia yang hidup di zaman moderen. Namun, penelitian dari Institute for Food Research di Norwich, Inggris berhasil menyilangkan brokoli yang mengandung glucoraphanin hingga 2 sampai 3 kali jumlah normal. Dan itu merupakan senyawa yang diyakini dapat membantu mencegah penyakit jantung.

  • Antioksidan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa brokoli merupakan sayuran dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Dengan tingginya kandungan vitamin C menjadikannya sebagai antioksidan kuat yang menagkal radikal bebas. Brokoli juga memiliki kandungan flavonoid, karotenoid lutein, beta-karoten dan zeaxanthin yang tinggi, dan semua itu merupakan zat antioksidan yang akan mentralisir efek buruk radikal bebas dalam tubuh.

  • Mencegah Kanker

Brokoli merupakan sayuran anti kanker yang dapat mendetoksifikasi tubuh sebab mengandung indole dan isothiocyanate sehingga menurunkan risiko kanker payudara, kandung kemih, usus besar, dan ovarium. Anda bisa mengolah brokoli menjadi makanan bayi dengan campuran lobak, mustard, dan wasabi.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tingginya kandungan vitamin C pada brokoli baik untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Kandungan fitonutrien dan fitokimia dalam sayuran ini dapat juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga si Kecil tidak mudah terserang flu. Dengan begitu, secara tidak langsung, brokoli dapat melindungi tubuh buah hari tersayang dari beberapa penyakit yang mengintainya.

Pengolahan brokoli sebagai makanan bayi juga  terbilang cukup mudah karena bisa dijadikan puree atau campuran nasi timnya. Anda bisa mencari resep makanan sehat untuk si Kecil dari internet atau majalah. Nah, karena manfaat brokoli sangat banyak, jangan ragu untuk mengolahnya menjadi kudapan  lezat, ya!

author
No Response

Leave a reply "8 Manfaat Brokoli untuk Tubuh Si Kecil"