Anak Anda Demam? Ini Yang Harus Bunda Lakukan

Anak anda demam? Ini yang harus bunda lakukanAnak demam – Ketika anak demam, Mama segera mengusahakan agar demamnya turun dengan berbagai cara. Dalam laporan terbaru di jurnal Persatuan Dokter Anak Amerika tentang demam anak disebutkan bahwa orangtua sebaiknya berkonsentrasi untuk membuat anak merasa nyaman ketika demam dibanding menurunkan suhunya. Karena penyebab demam bisa beragam, usaha menurunkan panas juga bisa memperlambat kesembuhan.

Studi baru dari Yale Universty melaporkan pemberian antibiotik sebelum usia 6 bulan dapat meningkatkan risiko anak terkena asma hingga 70 persen. Maka cara alami bisa dilakukan untuk mengatasi anak terkena demam.

Berikut ini beberapa tips alami mengatasi anak demam:

1. Beri makanan yang mudah dicerna
Biasanya, ketika anak mengalami demam maka si anak menjadi kurang nafsu makan. Namun bukan berarti Anda tidak memebrikannya asupan nutrisi yang cukup. Karena makanan berupa bubur, jus buah, dan susu tentu saja merupakan nutrisi penting yang sebaiknya tetap diberikan kepada anak Anda.

2. Lakukam pengompresan
Sejak dulu cara pengompresan memang paling umum yang sering dilakukan, karena paling mudah dilakukan dan efektif. Kompreslah dahi dengan handuk basah yang dingin, atau sekarang sudah banyak tersedia alat kompres yang dapat dibeli di apotik terdekat. Kompresan air dingin akan menurunkan suhu di kepala, sehingga anak membuat menjadi lebih tenang.

3. Pakaian anak
Mengenakan anak baju yang menyerap keringat.Apabila anak menggigil, anak diselimuti, tetapi segera dilepaskan kembali bila menggigilnya hilang.

4. Perbanyak air putih untuk anak
Air putih sangat ampuh digunakan utnuk menjaga keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh saat terjadi demam. Hal ini disebabkan karena demam membuat tubuh membakar cairan lebih besar dari biasanya. Jadi cairan yang ada dalam tubuh akan banyak berkurang

5. Obat penurun demam
Memberi obat penurun demam, bila suhu anak melebihi 38 derajat celsius. Apabila suhu tubuhnya sudah normal, pemberian obat dihentikan.

6. Suruh untuk istirahat
Saat demam biarkan anak tersebut istirahat. Walaupun Anda berharap ia minum obat, tunggu saja saat ia terbangun meskipun jadwal pemberian obat penurun panas sudah berlalu. Hati-hati saat memberi obat ya, Ma. Pastikan dosisnya sesuai aturan di kemasan. Jika Anda memberi obat penurun panas golongan acetaminophen ataupun ibuprofen, pastikan Anda tidak memberi obat batuk atau flu yang mengandung antipyretic. Pemberian dua jenis obat tersebut. secara bersamaan dapat menimbulkan overdosis.

Pengobatan alami memang dapat secara efektif menurunkan demam anak, namun segera hubungi dokter jika demam berlangsung selama lebih dari tiga hari atau jika terjadi pada bayi yang berusia kurang dari 12 minggu.

Baca Juga Anak Mengalami Alergi, Apa Tanda Tandanya?

author
No Response

Leave a reply "Anak Anda Demam? Ini Yang Harus Bunda Lakukan"