Apa Bunda Sudah Tau Cara Memandikan Bayi Yang Benar?

Apa Bunda Sudah Tau Cara Memandikan Bayi Yang Benar?Memandikan bayi adalah kegiatan penting yang harus dilakukan secara benar oleh ibu atau ayah. Selain ditujukan untuk membersihkan badan bayi, memandikan bayi perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak melukai bayi mengingingat kondisi bayi yang sangat lemah.
Sebagian besar bayi tidak suka dimandikan, mereka akan menangis sekuat-kuatnya ketika dimandikan. Bahkan hingga memasuki usia pra sekolahpun masih banyak anak-anak yang sulit dibujuk untuk melakukan kegiatan rutin ini.

Kali ini, katalog ibu akan berbagi info tentang trik memandikan bayi, agar mereka dapat menikmati kegiatan menyenangkan ini. Anda sebaiknya tidak perlu ragu atau khawatir jika akan memandikan bayi sendiri, selain juga membersihkan bayi dari kotoran, acara memandikan bayi juga akan melekatkan diri anda kepada sang bayi

berikut cara memandikan bayi yang benar
• Cuci tangan Anda terlebih dahulu agar tangan bersih dari kuman dan kotoran. Tangan dicuci sampai bagian lengan karena bagian tangan ini akan bersentuhan dengan bayi

• Siapkan terlebih dahulu keperluan keperluan mandi bayi seperti, bak mandi, air hanant, sabun bayi, washlap bayi, pakaian bayi, popok kain atau popok sekali pakai, handuk, sisir bayi, dan tempat untuk mandi atau baby table

• Kemudian Isi air hangat (kira kira 36-37 C) ke bak mandi, periksalah suhunya.

• Bukalah bajunya, bungkus dengan handuk lalu letakan di atas pangkuan Anda, usap matanya dengan kapas yang dibasahi dengan air matang dingin, bersihkan area mulut dan wajah.

• Lalu Bersihkan mata dari luar ke dalam, gunakan kapas yang dibasahi.

• Basuh kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung dan tungkainya. Perhatikan daerah lipatan.

• Usaplah dengan Sabun di bagian kepala dan badan, gunakan washlap. Pilih sabun bayi dengan formal PH balance agar tidak pedih di mata dan tidak menyakiti bayi.

• Keramasi rambut bayi, lalu pegang kepalanya di atas bak mandi. Keringkan, lepaskanlah handuk, letakkan satu tangan di bawah pundaknya, sementara itu tangan yang satunya diletakkan di pantat. Masukkan bayi secara perlahan ke bak mandi.

• Topang leher dan pundak si bayi, usap dan sabunlah lalu bilas dengan air. Pegang pantatnya dan angkat. Bungkus dengan handuk. Tepuk-tepuklah agar kering. Biarkan bayi terbungkus handuk saat memakaikan baju dan popok. Setelah itu, olesi tubuhnya dengan minyak telon dan kenakan pakaian bersih.

Begitulah trik dan tips untuk memandikan bayi. Bila ia sudah tidak menangis lagi ketika dimandikan, kegiatan memandikan bayi akan menjadi momen menyenangkan setiap hari.

Baca Juga Pantangan Apa Saja Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil?

author
No Response

Leave a reply "Apa Bunda Sudah Tau Cara Memandikan Bayi Yang Benar?"