Apa Sih Yang Membuat Telinga Si Kecil Infeksi?

bayi sehat

Halo Ibu! Pernah tidak si Kecil merasakan sakit pada telinganya? Tentunya, sebagai orang tua mungkin bingung apa yang harus dilakukan. Nah, Ibu terlebih dahulu harus mengenali hal-hal yang bisa menyebabkan telinga bayi sehat terinfeksi. Yuk, simak informasi berikut ini.

Telinga merupakan sebuah organ yang mampu mendeteksi atau mengenal suara dan berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Telinga bayi sehat Ibu masih terbilang sangat peka lantaran perkembangannya belum sempurna.

Bayi merupakan kelompok umur yang paling sering terkena infeksi telinga. Bahkan, ketika terserang pilek, si kecil juga terkena infeksi di telinganya. Alasan utamanya adalah bahwa sistem kekebalan tubuh pada bayi sehat belum matang dan telinga si kecil belum sesempurna telinga orang dewasa dalam hal pencegahan benda asing yang masuk.

Infeksi telinga berawal dari infeksi virus seperti selesma/flu. Rongga telinga meradang dan terjadilah penumpukan cairan di balik gendang telinga. Infeksi telinga bisa menyebabkan gangguan fungsi dan pembengkakan dalam saluran Eustachius (saluran sempit yang menghubungkan telinga tengah dengan hidung).

Pada usia bayi sehat Ibu di rumah, saluran ini lebih sempit dan pendek. Hal ini yang menyebabkan cairan mudah terperangkap di telinga tengah. Faktor pemicu lainnya adalah infeksi di daerah tenggorokan (umumnya infeksi virus) yang menyebabkan tersumbatnya saluran. Apabila hal ini sudah terjadi, maka infeksi tersebut bisa menjalar ke saluran Eusthachius si kecil.

Jika tabung eustachius tersumbat, cairan akan menumpuk di dalam telinga tengah. Hal ini membuat tempat perkembangbiakan yang sempurna bagi bakteri dan virus yang dapat menyebabkan infeksi. Wah, jangan sampai telinga bayi sehat Ibu di rumah menjadi sarang bakteri dan virus, ya!

Infeksi pada telinga luar merupakan infeksi telinga yang paling sering terjadi pada bayi sehat. Biasanya, infeksi ini terjadi ketika telinga basah dalam waktu yang cukup lama, sehingga kuman berkembang biak dengan baik. Selain basah, si Kecil memasukkan sesuatu ke telinganya juga bisa jadi penyebab infeksi. Ibu cerdas perlu berhati-hati jika si Kecil merasakan gatal atau sakit bila disentuh telinganya.

Infeksi telinga tengah juga bisa menyerang bayi sehat Anda yang baru lahir. Biasanya, timbulnya infeksi telinga tengah didahului oleh infeksi saluran pernapasan atas, seperti radang tenggorokan atau flu. Rongga telinga tengah meradang dan mengalami penumpukan cairan di balik gendang telinga.

Wah, menjaga dan menghindarkan bayi sehat tersayang dari infeksi virus dan bakteri sangat penting. Bukannya faktor kebersihan saja, tetapi kesehatan dan pemeriksaan rutin ke dokter juga sangat diperlukan. Bayi Sehat, Ibu Semangat!

author
No Response

Leave a reply "Apa Sih Yang Membuat Telinga Si Kecil Infeksi?"