ASI Eksklusif – ASI Eksklusif Dapat Meningkatkan Status Sosial Anak

asi-eksklusif

Asi Eksklusif – Memiliki anak yang sehat, cerdas dan suskses adalah impian dari setiap orang tua. Orang tua akan selalu berusaha demi kebutuhan sang anak. Banyak cara untuk membuat anak bisa tumbuh sehat cerdas dan sukses kelak. Salah satu hal yang bisa mmebantu perkembangan anak adalah dengan ASI eksklusif.

ASI Eksklusif sangat berperan penting untuk menghubungkan sel-sel yang ada di dalam otak sang anak. ASI eksklusif bisa diberikan kepada bayi sejak di usia 0 – 6 Bulan, setelah itu ASI ekslusif tidak terlalu berlebihan, tetapi masih tetap makanan utama dan di berikan juga makanan pendamping seperti puree.

manfaat ASI eksklusif juga terbukti bagus bagi perkembangan sosialnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa anak-anak yang diberi ASI eksklusif lebih mungkin mencapai kelas sosial yang lebih tinggi daripada orang tuanya. Dalam penelitian ini, sekitar 34.000 orang di Inggris yang lahir pada tahun 1958 atau 1970 dianalisis. Kedua kelompok ini lalu dibandingkan kelas sosialnya saat berusia 33 atau 34 tahun.

Hasilnya menemukan bahwa anak yang diberi ASI Eksklusif cenderung meningkat status sosialnya ketika mencapai dewasa. Maksud peningkatan status yang disebut peneliti adalah anak akhirnya memiliki pekerjaan atau status sosial yang lebih tinggi daripada ayahnya.

Studi ini menggunakan skala 4,00, dimana status sosial dikategorikan dari “tidak terampil” hingga “profesional”. Prosentase anak-anak yang diberi Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif pada tahun 1958 yang sebelumnya berjumlah 68 % menurun menjadi 36 % pada tahun 1970. Lebih jauh, medicalnewstoday.com menambahkan bahwa data ini anak-anak yang dilahirkan pada tahun 1958 memiliki tingkat sosial yang rendah dibandingkan dengan anak-anak yang lahir pada tahun 1970.

Lebih jauh, studi ini menyatakan bahwa menyusui dapat meningkatkan statu sosial hingga 24 % dan menurunkan resiko rendahnya status sosial hingga 20 %. Hal ini disebabkan karena menyusui meningkatkan perkembangan otak dan kecerdasan.

Sebelumnya ada juga peneliti yang telah membuktikan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam pemberian ASI eksklusif bisa meningkatkan perkembangan yang kognitif ditambah sentuhan kulit antara ibu dengan bayinya juga ditemukan adanya peningkatan ikatan antara sang ibu dan sang anak yang bisa mengurangi rasa stress

No Response

Leave a reply "ASI Eksklusif – ASI Eksklusif Dapat Meningkatkan Status Sosial Anak"