AWAS! Ini Risiko Menakar Obat Anak Dengan Sendok Teh

Katalogibu – Sebagai orangtua tentu moms pernah memakai sendok untuk memperkirakan pemberian dosis obat bagi buah hati. Bila moms juga pernah melakukan hal tersebut, sebaiknya moms segera menghentikan kebiasaan ini. Pasalnya menurut penelitian, menggunakan sendok makan atau sendok teh untuk memberi Obat Anak akan berujung pada kesalahan dalam pemberian dosis obat.

 

Dari penelitian terbaru, terungkap bahwa perilaku itu memang umum di antara orangtua. Berbeda dengan dokter, yang umumnya merekomendasikan penggunaan alat takar yang pas, ketimbang sendok teh atau sendok makan. Tidak hanya itu, hal ini juga sama saja dua kali lipat resiko tidak akurat yang dilakukan oleh orang tua saat mengikuti resep dari dokter.

 

Banyak yang berasumsi bahwa sendok untuk obat sama dengan sendok teh di rumah atau juga obat sama dengan sendok makan di rumah. Namun anggapan tersebut ternyata salah, untuk sendok teh di rumah dapat memuat volume kira-kira 2,5 ml atau lebih terantung bentuk dan kecekungan sendok sedangkan sendok makan di rumah dapat menampung sekitar 8-10 ml tergantung juga kecekungan sendok.

 

Jika kita mengisi sendok makan atau sendok teh di rumah dengan air kemudian kita tuang air tersebut ke sendok teh obat atau sendok makan obat maka yang didapat adalah sendok takar obat tidak akan terpenuhi oleh air, oleh sebab itulah sendok-sendok rumahan tersebut mempunyai ukuran yang sangat berbeda dengan sendok takar obat. Maka dari itu sendok rumah sangat tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai pengganti sendok takar obat.

 

Selain ukurannya yang berbeda jika kita tetap menggunakan sendok rumah untuk meminum obat maka akan didapat dampak yang tidak diinginkan karena dosis obat yang diminum kurang dari aturan yang ditulis oleh dokter atau bisa juga lebih dari dosis yang diperuntukkan.

 

Pada dasarnya orang tua perlu aktif bertanya pada apoteker atau dokter agar mereka memberitahukan dosis pemberian obat dengan ukuran takaran milimeter. Orang tua juga perlu memastikan bahwa pemberian obat dengan menggunakan perangkat dosisi seperti pipet, sendok dosis, atau jarum suntik bukannya menggunakan sendok teh atau sendok makan yang takarannya bisa berbeda – beda.

 

Dengan adanya informasi ini, moms sebaiknya lebih berhati-hati dalam memberikan Obat Anak tdak sembanrangan menggunakan sendok takar. Yang terpenting bagi moms adalah jangan sampai salah memberikan takaran!

author
No Response

Leave a reply "AWAS! Ini Risiko Menakar Obat Anak Dengan Sendok Teh"