Awas! Inilah Jenis Penyakit Yang Sering Menyerang Anak Bayi

BFB-Sick-baby-temp

Bayi, jika dibandingkan dengan orang dewasa memiliki sistem imunitas tubuh yang jauh lebih rentan. Sistem antibodi tubuh bayi masih dalam tahap perkembangan sehingga tidak mengherankan jika ia akan beberapa kali jatuh sakit. Dari berbagai macam jenis penyakit yang bisa menjangkiti buah hati Anda, berikut adalah beberapa jenis penyakit yang sering menyerang anak bayi.
• Diare
Penyakit akibat adanya gangguan pencernaan ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang anak bayi. Penyebab diare juga sangat beragam, mulai dari akibat infeksi bakteri, reaksi alergi atau intoleransi terhadap jenis makanan tertentu, hingga reaksi pertahanan tubuh setelah bayi mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Jika bayi menderita diare, baik dalam skala ringan maupun berat, ibu wajib rajin memberikan ASI karena melalui ASI lah bayi dapat memperkuat sistem antibodi tubuhnya sekaligus mencegah dari bahaya dehidrasi. Memberikan obat yang menghentikan diare TIDAK DISARANKAN. Alasannya adalah diare seringkali terjadi sebagai mekanisme tubuh bayi dalam mengeluarkan racun yang tanpa sengaja masuk ke dalam tubuh bayi.

Jika diare tersebut terhenti, maka secara otomatis racun yang ada di dalam tubuh bayi akan menumpuk di dalam usus dan mengakibatkan penyakit lain yang jauh lebih serius.
• Ruam Popok
Timbulnya ruam-ruam berwarna merah yang gatal di area pantat bayi juga merupakan masalah klasik yang sering dihadapi oleh orangtua. Ruam tersebut umumnya muncul sebagai reaksi iritasi dari kulit bayi terhadap popok yang terlalu lembap. Walaupun tidak tergolong ke dalam penyakit yang berbahaya, munculnya ruam-ruam ini pastinya membuat bayi merasa tidak nyaman dan menjadi rewel.

Maka dari itu, Bunda harus rajin mencuci dan mengganti popok bayi Anda secara rutin. Jangan membiarkan bayi mengenakan popok yang sama seharian, dan juga Anda dapat semakin meminimalisir terbentuknya ruam popok dengan menaburkan bedak atau salep anti gagal pada pantat bayi Anda setelah bayi mandi.

Pastikan bahwa bedak dan salep yang digunakan memang dikhususkan untuk kulit bayi yang memang sangat sensitif. Salah mengaplikasikan produk bedak juga dapat mengakibatkan munculnya ruam, Moms.
• Demam Hingga Kejang
Demam pada bayi memang cenderung umum, dan tidak jarang demam tersebut sangat tinggi hingga menyebabkan bayi kejang-kejang. Jangan langsung panik, Moms. Anda dapat memberikan pertolongan pertama pada bayi Anda dengan memberikan pertolongan pertama, seperti meletakkan bayi Anda di permukaan lantai yang dilapisi dengan karpet dan membuka kerah baju bayi untuk mempermudahnya bernapas. Jika kejang-kejang terjadi lebih dari 5 menit, segera larikan bayi Anda ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.
Demikianlah 3 jenis penyakit yang sering menyerang anak bayi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Awas! Inilah Jenis Penyakit Yang Sering Menyerang Anak Bayi"