Awas Moms, Ini Tanda Bayi Anda Terkena Over-Stimulasi

alasan-bayi-menangis-mommiesdaily

Kehadiran bayi di tengah-tengah keluarga Anda tentunya menjadi kabar yang menggembirakan, tidak hanya bagi Anda dan suami tapi juga bagi keluarga besar dan teman-teman Anda. Dan sudah bisa diduga mereka semua ingin menggendong dan bercengkrama dengan bayi Anda. Bagi bayi Anda tentunya berinteraksi dengan orang lain selain orangtuanya bisa menjadi bahan pembelajaran yang menarik untuknya, dimana ia dapat mempelajari berbagai macam ekspresi dari wajah dan suara dari anggota keluarga, maupun teman-teman Anda. Tapi hati-hati, Moms. Karena jika Anda tidak hati-hati bayi Anda bisa terkena overstimulasi.
Overstimulasi adalah kondisi dimana bayi menerima terlalu banyak stimulasi di saat yang bersamaan. Hal ini terjadi karena hampir semua indera tubuh bayi menerima stimulasi dalam waktu yang sama dan membuat otak bayi mengalami kesulitan dalam memproses. Semakin muda usia bayi Anda, maka akan semakin cepat pula ia mengalami overstimulasi. Bayi yang terkena overstimulasi akan menjadi stres dan terus menangis. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui apa saja tanda-tanda dari overstimulasi.
• Memalingkan Wajah
Tidak semua bayi menunjukkan tanda overstimulasi dengan menangis. Beberapa dari mereka menunjukkan tanda yang lain, salah satunya adalah dengan memalingkan wajahnya ketika Anda atau anggota keluarga lain mencoba mengajaknya berbicara. Umumnya bayi akan menunjukkan gejala ini ketika Anda membawanya ke dalam sebuah ruangan yang luas dan ramai.
• Memandang Kosong
Ketika bayi mengalami overstimulasi, reaksi pertama yang merupakan sistem pertahanan dirinya adalah dengan memandang kosong dan terlihat tidak tertarik walaupun Anda sedang menunjukkan alat permainan yang ia suka. Saat itu, otak bayi menerima terlalu banyak stimulasi, dan pada satu titik berhenti memproses berbagai macam informasi yang didapatkannya.
• Tempo Napas Menjadi Cepat
Nafas bayi yang menjadi lebih cepat pastinya akan membuat Anda cemas. Namun jika ia menunjukkan gejala tersebut saat ia sedang berada di tengah-tengah keramaian, bisa jadi ia hanya terkena overstimulasi dan membutuhkan timeout dari keramaian di sekitarnya.
Untuk mengatasi bayi yang terkena overstimulasi, ada beberapa hal yang dapat Bunda lakukan. Yaitu antara lain:
• Menggendong Bayi ke Tempat Yang Sepi
Untuk menenangkan bayi Anda ke tempat yang sepi, Anda dapat membawa bayi Anda ke ruangan lain yang jauh lebih sepi dan tenang selama kurang lebih 5 menit. Jika kebetulan Anda sedang berada di rumah teman atau kerabat, Anda dapat meminta ijin untuk menggunakan salah satu kamar dan menidurkan bayi Anda di ruangan tersebut.
• Menimang dan Mengajaknya Bicara
Jika bayi Anda masih panik dan menangis, bawalah si kecil ke tempat yang lebih tenang dan tenangkan si kecil dengan mengajaknya bicara dengan suara yang lembut. Anda juga dapat menambah kenyamanan si kecil dengan menimangnya di pelukan Anda.
Demikianlah beberapa penyebab dan solusi dari overstimulasi bayi. Semoga bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Awas Moms, Ini Tanda Bayi Anda Terkena Over-Stimulasi"