Ayo Ketahui Jenis Obat Yang Harus Dihindari Bayi

obat yang dihindari bayi

obat yang dihindari bayi – Tidak seperti orang dewasa bayi memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap efek samping obat – obatan bahkan obat – obatan herbal yang dipercaya lebih aman terhadap tubuh dan dapat membahayakan kesehatan bayi apabila tidak digunakan dengan baik. Oleh sebab itu sangat penting bagi orang tua untuk berhati – hati dalam memberikan obat kepada bayi. Khusus bagi bayi yang usianya dibawah 6 bulan orang tua harus selalu berkonsultasi kepada dokter spesialis anak sebelum memberikan obat kepada mereka.

Demi keselamatan dan kesehatan bayi para orang tua harus tau tentang jenis obat yang dihindari bayi. Berikut adalah obatnya :

Beberapa jenis obat yang harus dihindari bayi

  • Obat aspirin

Bagi para orang tua jangan pernah memberikan obat aspirin kepada buah hatinya. Karena aspirin dapat menyebabkan sindrom reye pada bayi. Sindrom reye ini dapat berakibat fatal pada bayi.

  • Obat anti muntah

Pada umumnya memang bayi sering muntah tapi tidak berarti bayi yang muntah harus diobati. Pemberian obat anti muntah pada bayi dapat menyebabkan komplikasi yang serius pada kesehatan bayi. Oleh karena itu, diskusikanlah dulu kepada dokter spesialis anak sebelum memberikannya kepada bayi karena dampak yang diakibatkan sangatlah buruk.

  • Obat diflucan

Pada umumnya obat diflucan digunakan untuk obat mengatasi sariawan pada bayi. Tapi harus tetap diperhatikan juga bahwa obat diflucan memiliki efek samping terhadap bayi yang bisa membuatnya merasa tidak nyaman. Efek samping dari penggunaan obat ini adalah seperti mual, sakit perut, demam ringan, kehilangan nafsu makan, sakit kuning, mudah memar, keletihan yang lebih dari biasanya dan juga bisa menyebabkan kejang – kejang.

  • Obat nystatin

Obat jenis ini juga sering digunakan untuk mengatasi sariawan pada bayi. Tapi untungnya obat nystatin tidak berbahaya seperti obat diflucan. Meskipun begitu obat nystatin juga memiliki efek samping bayi bayi seperti dpat menyebabkan sel – sel ragi atau bakteri pada sariawan bermutasi ke bentuk yang lebih sulit untuk dibasmi. Biasanya cara penyajian obat ini dicampurkan dengan gula agar bayi menyukai rasanya. Kandungan gula inilah yang dapat memperparah kondisi sariawan mengingat seperti yang telah anda ketahui bahwa gula sangat disukai oleh bakteri ragi sehingga sangat buruk untuk mengatasi sariawan pada anak.

Itulah beberapa obat yang dihindari bayi yang harus bunda ketahui. Bagi para orang tua harus lebih teliti saat membaca kandungan apa saja yang ada dalam obat tersebut dan juga selalu berkonsultasi pada dokter spesialis anak untuk menghindari terjadinya efek ringan maupun fatal pada bayi. Baca juga Bahayakah Minum Jamu Tradisional Setelah Melahirkan?

author
No Response

Leave a reply "Ayo Ketahui Jenis Obat Yang Harus Dihindari Bayi"