Bagaimana Cara Atasi Kolik Pada Bayi?

No comment 64 views

Apakah sudah pernah mendengar kolik pada bayi? Kolik ini adalah keadaan dimana bayi merasakan nyeri atau sakit pada bagian perutnya. Mungkin bisa juga kolik ini disebut dengan masuk angina yang akhirnya menyebabkan perut bayi terasa nyeri dan sakit. Lalu bagaimana cara atasi kolik pada bayi? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kolik atau nyeri perut pada bayi. Sebelum membahas tentang cara atasi kolik pada bayi ada baiknya jika  mengulas sedikit tentang kolik itu sendiri agar bisa menjadi pengetahuan untuk para ibu-ibu muda di luar sana.

Kolik ini adalah keadaan dimana bayi yang sehat namun menangis kencang selama berjam-jam dan sulit untuk ditenangkan. Tangisan ini berawal dari rasa sakit pada perut yang dirasakan oleh si bayi tersebut. Memang belum ada penyebab pasti dari terjadinya kolik pada bayi. Namun dunia dokter menduga bahwa kolik ini disebabkan oleh masuk angin karena saat menyusu banyak angin yang masuk pada tubuh bayi sehingga menimbulkan gangguan pencernaan yang berujung nyeri pada bagian perut.

Bagaimana Cara Atasi Kolik Pada Bayi?

 

Bayi yang mengalami kolik ini pada umumnya akan menangis dengan posisi lutut ditarik ke arah perut, kedua tangan mengepal, punggung melengkung dan wajah yang memerah. Nada tangisan yang tinggi dan bisa berlangsung lebih dari 3 jam ini akan sulit ditenangkan. Jadi, kenali tangisan bayi Anda. Jika kolik terus berlanjut dan semakin memburuk seperti bayi pada akhirnya memuntahkan cairan hijau, tubuhnya terkulai, dan demam lebih baik bawa segera bayi Anda ke dokter untuk mendapat tindakan medis lebih lanjut.

Namun jika kondisi bayi tidak menunjukkan gejala yang berbahaya dan jika Anda menemukan ciri-ciri tangisan yang merujuk pada kolik jangan langsung panik dan cobalah melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Memijat bagian perut bayi dengan lembut, hal ini akan mengurangi rasa sakit pada perut bayi.
  • Tenangkan bayi dengan cara menggendongnya saat bayi yang terkena kolik sedang menangis dengan menggunakan gendongan kain atau selimut. Lalu, bawalah bayi Anda ke ruangan yang sejuk dengan cahaya yang tidak terlalu terang dan juga suasana tenang. Beri bayi Anda susu dan jika sudah tidur baru Anda bisa meletakkanya di ranjang.
  • Agar bayi bisa lebih tenang Anda juga bisa memandikannya di dalam air hangat saat bayi sedang terkena kolik.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menenangkan bayi Anda yang terkena kolik. Lebih baik Anda melakukan pencegahan agar bayi tidak sampai terkena kolik. Anda harus mengurangi konsumsi kafein dari teh dan kopi serta masakan pedas, juga jangan lupa untuk menepuk punggung bayi dengan lembut agar bayi bersendawa setelah minum ASI. Itu dia sedikit ulasan tentang cara atasi kolik pada bayi dan juga sedikit tips untuk mencegah kolik pada bayi.

author
No Response

Leave a reply "Bagaimana Cara Atasi Kolik Pada Bayi?"