Bahaya Susu Kental Manis untuk Anak Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Katalogibu – Setiap orangtua tentu akan berusaha sebaik mungkin untuk membuat anaknya mendapatkan asupan gizi setiap hari. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan, memastikan mereka mengkonsumsi susu secara rutin. Namun disisi lain ternyata ada bahaya susu kental manis jika dikonsumsi tiap hari.

Banyaknya produk susu dipasaran mengharuskan para ibu bersikap selektif dalam memilih. Pasalnya, susu memiliki kandungan berbeda-beda, ada susu yang baik untuk anak, orangtua, maupun remaja. Ahli gizi, dr. Dian Permatasari mengungkapkan bahwa susu kental manis mengandung gula lebih tinggi dari susu lain, seperti susu bubuk atau susu cair. Kandungan gula yang tinggi ini membuat susu kental manis sangat manis dan tidak cocok dikonsumsi sebagai susu harian.

Bahaya susu kental manis untuk anak-anak adalah gula yang terlalu lama mengendap di mulut, sulit dinetralkan oleh air liur. Akibatnya, mulut dan gigi berubah menjadi asam sehingga dapat menimbulkan karies gigi. Selain itu, tingginya gula yang terkandung juga dapat menjadi pemicu obesitas pada anak.

Tak hanya itu, anak juga dapat terkena resiko penyakit diabetes militus serta dapat melemahkan daya tahan tubuh. Misalnya, anak yang sejak kecil sudah terbiasa sakit sakitan, maka ia hanya memiliki sistim imun yang kurang tinggi. Hal ini akan berdampak pada anak usia dewasa. Daya tahan tubuh anak yang lemah membuatnya menjadi rentan dan mudah sakit. Sehingga ketika ia terkena guncangan dari luar sedikit saja, tubuh tidak bisa menahan.

Jika sudah terlanjur terbiasa mengkonsumsi susu kental manis kalengan, ada baiknya mengganti dengan jenis susu lainnya. Selain itu, pastikan untuk tidak menambahkan kandungan gula pada susu agar anak tidak mengkonsumsi gula secara berlebihan.

Lantas, sebenarnya untuk apa susu kental manis dibuat? Dr. Dian menyebutkan jika susu ini ternyata diperuntukkan untuk tambahan adonan pembuat roti, topping beberapa jenis makanan, atau campuran pada jus, es buah, dan lain sebagainya. Hal ini berarti, susu ini memang bukan diperuntukkan untuk diminum secara rutin.

Bunda perlu hentikan anak-anak dari kebiasaan mengonsumsi susu kental manis secara rutin, ya. Karena sejatinya susu kaleng hanya pelengkap makanan dan penambah rasa. Itulah informasi mengenai bahaya susu kental manis pada anak. semoga bermanfaat untuk Bunda dan buah hati ya.

author
No Response

Leave a reply "Bahaya Susu Kental Manis untuk Anak Jika Dikonsumsi Setiap Hari"