Bahayakah Bayi Yang Sering Kaget Ketika Tidur?

No comment 1237 views
Bahayakah Bayi Yang Sering Kaget Ketika Tidur?

Bahayakah Bayi Yang Sering Kaget Ketika Tidur?

Bahaya Bayi Yang Sering Kaget Ketika Tidur – Seorang bayi memang memiliki berbagai cara untuk menunjukan kondisi yang sedang dirasakannya bun. Ada kondisi yang normal, yaitu kondisi yang umum dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi, dan juga kondisi abnormal, yaitu kondisi yang menandakan adanya perbedaan dari pertumbuhan bayi pada umumnya. Dalam mengetahui kondisi normal atau abnormal ini, bunda diharuskan untuk mengenali ciri-ciri yang terjadi sebelum bunda berkonsultasi dengan dokter bun.

Pada dasarnya bayi juga memiliki perkembangan yang berbeda sehingga membuat orang tua menjadi bertanya-tanya mengapa bayi saya tidak sama dengan bayi dia. Itu hal yang wajar yang menjadi pertanyaan bagi setiap orang tua. Dan perlu bunda ketahui bahwa perkembangan bayi juga dipengaruhi oleh berbagai macam faktor sehingga bunda jangan terburu buru khawatir pada bayi bunda, dan kenali terlebih dahulu perkembangan bayi bunda.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami dari tim katalogibu.com akan mengenalkan pada bunda kondisi bayi saat tidur. Kondisi bayi saat tidur ini tentunya bermacam-macam bun, salah satu diantaranya adalah bayi yang sering kaget ketika tidur. Dan apakah pernah bunda memergoki bayi bunda yang kaget ketika tidur? Padahal bayi bunda tidak mendengar suara apapun, normalkah kondisi kaget pada saat bayi tidur? Maka dari itu yuk simak berikut ini bahaya bayi yang sering kaget ketika tidur ini:  Baca juga: Ini Lho Bahayanya Bayi Tidur Tengkurap Yang Wajib Diketahui!

Yang pertama jika diamati dari segi usia, bayi yang baru lahir seringkali mengalami kaget ketika dia tertidur, Hal ini merupkan hal yang wajar apalagi bila bayi bunda sering mendengar suara- suara yang dianggapnya masih asing. Dan sehingga bunda tidak perlu mengkhawatirkan bayi bunda yang seringkali mengalami kaget ketika tidur pada usia awal kelahirannya hingga usia 4-5 bulan bun.

Kondisi yang terjadi pada bayi yang baru lahir merupakan refleks primitive yang merupakan bagian dari adaptasi bun. Refleks ini juga dikenal dengan nama refleks moro sehingga membantu bayi bunda dalam menyesuaikan dengan lingkungan baru. Bahkan bunda mungkin akan melihat bahwa bayi yang tertidur lelap sekalipun memiliki refleks moro tanpa menggangu tidurnya. Pada beberapa kondisi kadang disertai dengan sedikit perubahan gerakan tubuh atau dengan suara tangisan berdurasi singkat akan tetapi kemudian bisa diatasinya dan masih tertidur bun.

Selain faktor penyebab di atas, masih ada penyebab-penyebab lain yang membuat bayi kaget saat tidur, Bunda. Bisa jadi ia kaget karena adanya suara gaduh yang mengganggu tidurnya. Sebelum ia menangis, bayi akan tersentak terlebih dulu dari tidurnya. Hal tersebut bisa saja terjadi jika Anda meletakkan kamar bayi Anda berdekatan dengan ruang tamu atau ruang keluarga. Bayi Anda jadi tidak bisa tidur nyenyak lho, Moms. Untuk mencegah hal tersebut, usahakan lingkungan sekitar bayi Anda tenang dan sunyi sehingga bayi Anda dapat tidur dengan nyenyak.

Bayi Anda juga bisa mengalami mimpi buruk lho. Hal tersebut dikarenakan ingatannya yang masih sangat kuat, sehingga jika ia melihat sesuatu yang menakutkan, atau mengalami pengalaman yang tidak mengenakkan, seperti terjatuh, maka pengalaman tersebut akan tersimpan di dalam memorinya dan muncul sebagai mimpi buruk. Hal tersebut adalah hal yang wajar dan tidak banyak hal yang bisa Anda lakukan. Tapi, jika Anda masih merasa waswas Anda dapat menemaninya dengan tidur di sampingnya kok, Bunda. Dengan begitu semoga saja bayi Anda tidak lagi melihat mimpi buruk.

Meskipun bunda tidak perlu khawatir dengan bayi bunda yang tiba tiba kaget ketika tidur akan tetapi apabila bayi bunda memasuki usia 6 bulan dan masih seringkali kaget dan tidak bisa memiliki waktu tidur yang berkualitas maka sebaiknya bunda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusi pada kondisi bayi bunda.

Dan dengan demikian bahwa bayi bunda yang sering kaget ketika tidur bukan merupakan kondisi abnormal melainkan apabila bunda memerlukan tindak lanjut dalam pemeriksaan dan meyakinkan kondisi bayi bunda. Maka dari itu bunda dapat berkonsultasi dengan dokter bun. Dokter nanti nya akan membantu dalam mengetahui perkembangan dan pertumbuhan bayi bunda sesuai dengan kondisinya bun.

Nah, itulah tadi merupakan jawaban dari bahayakah bayi yang sering kaget ketika tidur, yang dapat kami berikan untuk bunda, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi bunda semua!

author
No Response

Leave a reply "Bahayakah Bayi Yang Sering Kaget Ketika Tidur?"