Bahayakah Lidah Putih Pada Bayi?

No comment 239 views

Lidah putih pada bayi

Fenomena lidah putih pada bayi merupakan kejadian yang umum terjadi pada bayi yang berada di masa menyusui. Bagi beberapa orang, adanya bercak putih di lidah bayi tersebut adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan, namun tidak jarang hal tersebut membuat ibu merasa khawatir. Dan kekhawatiran Anda sangat beralasan, terutama karena bayi pada umumnya masih memiliki sistem imunitas tubuh yang rentan. Sehingga tentunya lebih baik untuk mencegah daripada mengobati. Bukan demikian? Akan tetapi, bahayakah lidah putih pada bayi?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan “bahayakah lidah putih pada bayi?”, pertama-tama Anda perlu mengetahui bahwa ada 2 faktor yang menyebabkan timbulnya bercak berwarna putih tersebut. Penyebab yang pertama adalah, bercak-bercak tersebut merupakan sisa-sisa ASI yang tertinggal di lidah bayi. Anda dapat mendeteksinya apabila bercak tersebut sangat mudah untuk dihilangkan dan hanya timbul setelah bayi menyusui. Bila demikian, maka tidak ada hal yang perlu Anda khawatirkan. Anda dapat dengan mudah menghilangkan noda-noda putih tersebut dengan mengusapkan tepi kain atau kain kasa yang steril basah pada lidah bayi dengan gerakan melingkar.

Akan tetapi, Anda perlu berwaspada apabila penyebab di balik timbulnya bercak putih tersebut akibat dari jamur. Jamur Candida albicans adalah jenis jamur yang dapat hinggap pada mulut bayi yang baru lahir, dan pada umumnya berasal dari puting susu ibu. Apabila dibiarkan begitu saja, maka jamur ini dapat menyebar luas dan menginfeksi area mulut bayi yang lain. Jika sudah menyebar, umumnya Anda akan menemukan bercak-bercak putih pada area selaput lindir di pipi sebelah dalam, langit-langit mulut bayi, gusi, tenggorokan, dan bahkan bisa mencapai saluran pernapasan atas.

Terlepas dari efeknya yang mengakibatkan mulut bayi menjadi kering, jamur ini tergolong tidak membahayakan dan dengan perawatan yang tepat, infeksi jamur ini akan mereda dan menghilang dengan sendirinya. Akan tetapi, bayi bisa jadi mengalami ketidaknyamanan saat menyusui sehingga ia cenderung rewel saat menyusui. Sehingga, jika Anda curiga bahwa buah hati Anda terkena jamur ini (oral trush) maka sebaiknya Anda segera memeriksakan bayi Anda ke dokter anak untuk mendapatkan perawatan.

Oh ya, Moms. Infeksi jamur ini tidak akan dapat dihilangkan dengan mudah, sehingga jika saat Anda mengusap mulut bayi dengan kain namun bercak tersebut tidak kunjung hilang, jangan dipaksa. Karena hal tersebut justru dapat mengakibatkan luka pada mulut bayi dan berpotensi menimbulkan infeksi yang lebih gawat.

Nah kesimpulannya, bahayakah lidah putih pada bayi?

 

 

author
No Response

Leave a reply "Bahayakah Lidah Putih Pada Bayi?"