Bayi Anda Susah Tidur Nyenyak? Ini Penyebab Utamanya!

bayi susah tidur

Bayi susah tidur РSebagai ibu yang baru memiliki bayi kemungkinan besar anda tidak berpengalaman dalam mengurus segala hal tentang bayi dan mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan merawat bayi tersebut. Salah satu masalah yang mungkin sedang anda hadapi sekarang adalah bayi yang susah tidur. Padahal tidur merupakan kebutuhan penting dalam mendukung kesehatan dan pertumbuhan bayi. Namun anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan info kepada anda  mengenai penyebab bayi yang susah tidur dan anda dapat mengatasinya.

Pertama anda harus mengenali penyebab yang membuat bayi susah tidur. Sebenarnya apa penyebab bayi susah tidur nyenyak? ada beberapa faktor yang menyebabkan bayi susah tidur, simak daftarnya di bawah ini.

1. Bayi Anda kelaparan

Hal yang paling sering terjadi ketika bayi susah tidur sehingga menangis dan merengek-rengek adalah karena bayi tersebut merasa lapar. Anda harus peka jika buah hati anda merasa lapar segera berikan susu agar perutnya nyaman saat tidur. Namun sebaiknya anda berikan makanan pada sang bayi 1-2 jam sebelum waktu tidur. Inilah salah satu penyebab bayi tidak bisa tidur nyenyak.

2. Popok yang dipakai basah dan kotor

Ini adalah penyebab bayi susah tidur malam hari, biasanya kondisi popok yang basah dan terkena kotorannya akan membuat bayi merasa terganggu kenyamanannya sehingga itu yang membuatnya susah tidur. Selalu periksa popok pada bayi anda agar tetap dengan kondisi bersih dan nyaman untuknya. Jika kotor segera ganti dengan yang baru.

3. Baju yang dikenakan juga tidak nyaman

Satu gangguan kenyamanan lagi pada bayi yang susah tidur adalah pada pakaian yang dikenakan. Jika pakaian itu tidak nyaman untuknya maka bayi anda juga akan susah untuk tidur. Jadi pakaikanlah baju dengan bahan yang nyaman dan ukuran yang juga sesuai agar ketika tidur ia merasa bebas dalam bergerak.

4. Kondisi kamar yang tidak nyaman

Kondisi kamar juga sangat berpengaruh dalam kenyamanan saat tidur, bahkan tidak hanya untuk bayi tapi juga untuk segala usia pada umumnya. Jika kamar itu terlalu pengap maka akan membuat bernafas pada saat tidur juga tidak enak. Begitu juga jika terlalu dingin. Intinya buat kondisi kamar senyaman mungkin mulai dari penataan ruangan hinga kebersihannya.

5. Bayi sedang terganggu kesehatannya

Jika bayi sedang sakit pasti ia akan selalu merengek, menangis, dan rewel. Ini adalah bentuk ungkapan rasa tidak nyaman akan kondisi tubuhnya yang sedang sakit. Biasanya yang sering terjadi adalah bayi susah tidur karena pilek. Hal ini tentu akan mengganggu proses tidurnya karena ia tidak bisa bernafas dengan bebas. Jadi jika ia susah tidur bisa jadi karena buah hati anda sedang sakit, segera periksa agar tidak terjadi sakit yang lebih parah dan mengganggu tidurnya.

6. Dia terlalu bersemangat untuk tidur

Mungkin bayi Anda baru bermain dengan sang Ayah, menonton video atau terlalu lama tidur siang. Dan bahkan mandi terlalu lama juga bisa menyebabkan kantuknya menghilang, lho, Bun. Alasan lain kenapa si Kecil tidak segera terlelap adalah, mereka terlalu lelah. Anda sebagai orang dewasa saja jika tubuh terlalu lelah akan jauh lebih sulit tertidur, bukan?

Itulah penyebab bayi susah tidur dan hal-hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat ya Bunda. Silahkan baca di sini link-link yang pastinya bermanfaat bagi Bunda dan buah hati!

Agar Anak Cepat Tidur Lakukan 8 Langkah Berikut

Bagaimanakah Posisi Tidur Terbaik Bayi Sehat?

5 Langkah Sukses Melatih Anak Tidur Sendiri!

author
No Response

Leave a reply "Bayi Anda Susah Tidur Nyenyak? Ini Penyebab Utamanya!"