Bunda, Ini 6 Terapi untuk Anak Terlambat Bicara

Katalogibu – Anak terlambat bicara adalah masalah yang paling banyak dikeluhkan oleh bunda. Ketika anak-anak memasuki usia 2 tahun dan belum mampu diajak berkomnikasi dengan baik maka bisa dikatakan anak mengalami keterlambatan berbicara. Umumnya gangguan itu disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya perkembangan bicara, gangguan pendengaran, disabilitas intelektual dan minimnya komunikasi dari orang tua. Berikut terapi untuk anak terlambat berbicara.

 

  1. Sering bertanya terhadap anak

Mulailah berkomunikasi dengan anak sejak si kecil baru lahir, hal ini dilakukan untuk merangsang indra pendengarnya sejak dini. Ketika anak sudah mulai bisa mendengar dan melihat sering-seringlah berkomunikasi. Bila perlu ajukan pertanyaan sehingga ada timbal balik antara bunda dan si kecil. Jika anak sudah memberikan banyak respon jangan ragu untuk menanggapinya. Bunda bisa mengajukan pertanyaan lebiih banyak lagi.

 

  1. Bermain sambil bicara

Ketika anak bermain dimana sebenarnya anak memiliki dunianya sendiri. Momen ini adalah waktu yang tepat untuk bunda mengajaknya bicara, dengan cara bunda ikut bermain bersama anak. Misalnya bunda bisa mendongeng ataupun mendeskripsikan barang-barang yang ada didekatnya.

 

  1. Minum menggunakan sedotan

Biasanya gangguan yang dialami anak ini adanya masalah dengan koordinasi otot bagian wajah dan mulut. Sementara, ketika berbicara otot wajah dan mulut bekerja dengan baik serta ditambah adanya sinyal dari otak. Bunda bisa memberikan sedotan anak dengan corak warna yang menarik dan juga berikan berbagai bentuk sedotan, agar anak tertarik minum menggunakan sedotan sehingga otot mulut anak kuat dan terlatih.

 

  1. Belajar dengan irama musik

Dengan mendengarkan musik dapat merangsang anak untuk menirukan bahasa, isyarat atau gerakan. Cara ini memang sangat menarik untuk diterapkan. Apabila ditengah-tengah musik dimatikan anak bisa melanjutkan nyanyiannya. Disarankan mendengarkan lagu-lagu yang cocok denga usia anak.

 

  1. Ajak anak untuk bersoisalisasi

Banyak sekali penyebab anak terlambat bicara, salah satunya kurang bersosialisasi. Biasanya anak malu dan takut ketika bertemu dengan orang baru. Oleh karena itu ajaklah anak berosisalisasi dengan lingkungannya, biarkan anak bersosialisasi dengan teman seumurannya.

 

  1. Lakukan Terapi

Jika usia anak sudah mencapai 3 tahun dan sudah mendapatkan terapi ringan dari bunda tetapi bicaranya masih terbata-bata, bunda bisa mebawanya ke terapis. Jika anak-anak umur 4 tahun belum mendapatkan terapi dikhawtirkan ketika akan memasuki TK anak akan mengalami stres dan tantrum karena sulit untuk mengutarakan kemauan mereka.

 

Itulah 6 hal yang bisa dilkaukan oleh bunda ketika anak terlambat bicara. Bunda bisa lebih sering mencurahkan perhatiannya terhadap anak.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Ini 6 Terapi untuk Anak Terlambat Bicara"