Bunda, Ini Dia 7 Manfaat Tersembunyi Pijat Bayi

 Bunda, Ini Dia 7 Manfaat Tersembunyi Pijat Bayi

Manfaat pijat bayi – Pijat merupakan kegiatan menyenangkan yang memiliki banyak manfaat positif untuk orang dewasa apalagi jika dalam keadaan lelah. Namun pijat tidak hanya memiliki manfaat positif untuk orang dewasa saja, melainkan untuk bayi juga.

Ternyata pijatan pada bayi yang dilakukan oleh ayah atau bunda sendiri dirumah akan berdampak positif pada si bayi. Manfaat pijat bayi bukan hanya membuat bayi relaks, selain itu juga dapat membantu peningkatan berat badan serta baik untuk pencernaan dan sirkulasi darah.

Lalu manfaat lain apa saja yang diperoleh bayi saat dipijat?  Baca juga : Bayi Suka Muntah? Yuk, Ketahui Penyebabnya

Manfaat pijat bayi

1. Bayi lebih relaks

Manfaat pijat bayi yang pertama adalah membuat bayi lebih rileks. Pijatan dan sentuhan lembut yang diberikan kepada bayi akan membuatnya lebih relaks dan tenang sehingga bayi tidak mudah rewel. Bunda tentunya tidak suka jika si bayi rewel, ini membuat bunda menjadi serba salah

2. Bayi lebih jarang menangis
Selain tidak mudah rewel, pijatan yang tepat akan membuat si bayi tidak mudah menangis. Ia akan menjadi bayi periang yang selalu ceria sehingga siap mempelajari dunia baru disekitarnya.

3. Tidur lebih berkualitas
Setelah melakukan pijat biasanya orang dewasa akan merasakan tidur yang pulas di malam harinya, begitu juga si bayi. Tidur pulas akan membuat tidur lebih berkualitas.

4. Membantu perkembangan mental, sosial, dan fisik
Manfaat pijat bayi yang selanjutnya adalah membantu perkembangan mental, sosial, dan fisik. Mengapa demikian? Sentuhan cinta bunda padanya akan membantu si bayi merasakan kasih sayang dari orang tuanya. Ia juga dilatih untuk menanggapi stimulasi yang Anda berikan melalui sentuhan lembut.
Kontak mata selama memijat, membantu kemampuan sosialnya sejak dini.

5. Mendukung kelancaran menyusui
Siapa yang menyangka bahwa melakukan pijatan pada bayi dapat mendukung kelancaran ASI karena Ketika ibu menyentuh bayi dengan kasih sayang, tubuh memproduksi hormon oksitoksin yang dibutuhkan untuk produksi ASI.

6. Membantu bayi prematur
Pijat bayi dapat meningkatkan berat badan bayi prematur, dengan memijatnya secara teratur dapat merangsang syaraf-syaraf utama yang disebut syaraf vagus. Syaraf tersebut menghubungkan otak dengan organ-organ penting, termasuk pencernaan.
Selain itu, pijat bayi dapat membantu menstabilkan detak jantung dan aktivitas otak.

7. Membantu bayi yang kuning (jaundice)
Manfaat pijat bayi yang sangat penting yaitu membantu bayi jaundice. Sebuah studi menunjukkan bahwa pijat bayi yang dilakukan pada bayi baru lahir, dapat mempercepat penyembuhan bayi yang lahir dengan jaundice.

Nah, itulah ketujuh manfaat pijat bayi yang harus bunda ketahui agar bayi menjadi sehat dan tidak mudah rewel. Yuk segera pijat si kecil dengan kasih sayang bunda

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Ini Dia 7 Manfaat Tersembunyi Pijat Bayi"