Bunda, Ini Faktor Penyebab Cerebral Palsy yang Harus Diketahui

Katalogibu – Penyakit gangguan kelumpuhan otak atau nama ilmiahnya Cerebral Pasly adalah terdapatnya kelainan otak akibat beberapa sebab yang mempengaruhi fungsi motorik dan koordinasi otot. Kondisi ini permanen, meskipun seiring bertambahnya waktu tidak memburuk. Untuk mengetahui apa penyebab gangguan tersebut simak ulasannya berikut.

  1. Infeksi selama kehamilan

Penyebab pertama munculnya gangguan ini adalah adanya infeksi selama masa kehamilan. Infeksi yang terjadi baik akibat dari serangan virus ataupun bakteri seperti rubella, toksoplasmosis, sifilis, dan cytomeglovirus. Infeksi ini dapat menyerang otak sehingga dapat merusak perkembangan otak janin.

  1. Kasus bayi kembar

Kondisi ini dimana rahim yang terisi secara bersamaan oleh lebih dari satu bayi dapat menimbulkan masalah. Jika terjadi kematian pada salah satu janin, akibatnya akan terjadi gangguan kelumpuhan otak pada bayi yang masih bertahan.

  1. Ketidak cocokan Rh antara ibu dan bayi

Salah satu penyebab gangguan cedera otak diakibatkan oleh ketidak cocokan Rh antara ibu dan janin. Dengan ketidak cocokan tersebut dapat mengakibatkan tubuh ibu memproduksi antibodi yang menghancurkan sel darah janin, sehingga kemungkinan janin akan menderita cedara pada otaknya.

  1. Kerusakan otak pada masa pertumbuhan

Penyebab selanjutnya yaitu, adanya kerusakan pada otak saat janin dalam masa pertumbuhan. Faktor penyebab kerusakan otak diantaranya infeksi bakteri, cedera kepala, keracunan, dan lain-lain.

  1. Kekurangan oksigen parah saat persalinan

Jika selama persalinan terdapat masalah, menyebabkan kurangnya pasokan oksigen pada otak bayi yang berakibat kerusakan pada otak bayi.

  1. Penyakit kuning parah pada bayi

Penyakit kuning biasanya disebabkan karena bilirubin yang berlebihan dalam darah. Pada bayi yang baru lahir diperlukan beberapa hari untuk menyaring bilirubin secara sempurna. Maka dari itu banyak dijumpai bayi mempunyai tubuh berwarna kuning sesaat setelah lahir. Jika kondisi ini parah maka akan merusak sel-sel otak pada bayi dan nantinya dapat mengakibatkan Cerebral Palsy.

  1. Prematur

Proses kelahiran sebelum waktunya dapat meningkatkan resiko mengalami Ccerebral Palcy. Siktar 40 sampai lima piluh persen anak yang menderita gangguan ini terlahir secara prematur, diyakini penyebabnya akibat pertumbuhan otak yang belum sempurna.

  1. Masalah kesehatan lainnya

Penyebab Cerebral Palcy juga di sebabakan oleh gangguan-ganguan lainnya diantaranya cacat fisik sejak lahir, malformasi sistem saraf bawaan, dan kelahiran sungsang.

Itulah 8 penyebab Cerebral Palcy yang dapat diketahui oleh bunda. Semoga pembahasan ini dapat memperluas pengetahuan bunda soal penyebab gangguan ini ya.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Ini Faktor Penyebab Cerebral Palsy yang Harus Diketahui"