Bunda, Inilah Cara Merawat Kulit Bayi Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Kulit Bayi

Setiap bayi adalah sebuah kado yang terindah bagi orangtuanya, dan pastinya Anda akan merasakan rasa haru yang menyeruak ketika Anda pada akhirnya dapat memeluknya untuk pertama kali setelah menunggu selama 9 bulan. Dan sejak detik ini, sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk menjaga dan merawat kebersihan dan kesehatan bayi, salah satunya adalah dengan cara memandikannya. Akan tetapi, dibandingkan dengan kulit orang dewasa, kulit bayi masihlah sangat rentan dan sensitif sehingga salah memberikan perlakuan perawatan saja dapat mengakibatkan kulit bayi terkena iritasi. Lalu bagaimanakah cara merawat kulit bayi yang benar?

Tips pertama dalam cara merawat kulit bayi yang benar adalah dengan memperhatikan suhu air yang Anda gunakan dalam memandikan bayi Anda. Untuk memandikan bayi, Anda tidak boleh menggunakan air yang terlalu panas atau air yang terlalu dingin, karena suhu air yang terlalu panas dapat mengakibatkan kulit bayi melepuh, sedangkan jika Anda memandikan bayi Anda dengan air dingin maka ia akan terancam terkena penyakit flu.

Suhu air yang tepat untuk memandikan bayi Anda adalah air hangat. Untuk mengetahui apakah suhu air tersebut sudah tepat atau belum adalah dengan mencelupkan telapak tangan atau siku Anda ke dalam air tersebut.  Baca juga: Waspadai Tanda Bahaya Pada Kehamilan, Persalinan dan Nifas

Dalam memilih sabun dan shampoo bayi pun Anda perlu berhati-hati. Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga penggunaan produk sabun dan shampoo yang salah dapat menimbulkan reaksi alergi berupa bercak-bercak atau benjolan-benjolan merah yang gatal dan dapat mengakibatkan bayi merasa tidak nyaman dan rewel. Gunakan sabun dan shampoo yang diformulasikan khusus untuk bayi dan ramah terhadap kulit bayi yang sensitif.

Seringkali Anda akan mendapati adanya lapisan kulit berwarna putih krem pada kulit bayi. Kebanyakan orangtua akan menganggap lapisan tersebut sebagai kotoran dan berusaha keras untuk menghilangkannya. Hanya untuk informasi saja, Moms. Lapisan kulit tersebut disebut dengan Vermix Caseosa, yaitu lapisan pada kulit yang berfungsi sebagai pelembap dan pelindung kulit bayi selama bayi masih berada di dalam kandungan.

Lapisan kulit ini pada umumnya akan menghilang dengan sendirinya, sehingga Anda tidak perlu menggosok-gosok tubuh bayi hanya untuk menghilangkannya. Justru, dengan menggosok-gosok tubuh bayi terlalu keras dapat mengakibatkan luka pada kulit bayi atau mengakibatkan kulit bayi terkena iritasi.

Demikianlah beberapa cara merawat kulit bayi agar tetap sehat dan wangi, Moms. Semoga informasi ini membantu.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Inilah Cara Merawat Kulit Bayi Agar Tetap Sehat"