Bunda! Kenali Penyebab Gangguan Pendengaran Bayi Ini

Bunda! Kenali Penyebab Gangguan Pendengaran Bayi Ini

Gangguan pendengaran bayi –¬†Melahirkan anak dengan sempurna tanpa kekurangan suatu apapun adalah idaman bagi setiap orang tua. Namun kenyataanya tidak semua orang melahirkan bayi yang sempurna, salah satu kecacatan yang terjadi adalah gangguan pendengaran bayi. Saat bayi berusia 4 bulan sangat sulit bagi orang tua yang awam medis untuk mengetahui apakah ada masalah pada telinga bayinya.

Pada kebanyakan rumah sakit yang telah dilengkapi dengan jasa spesialis anak dan spesialis THT, tes indera pendengaran ini selalu dilakukan dua hari setelah bayi dilahirkan. Nama tes yang dilakukan ini adalah tes OAE (Oto Acoustic Emition), yaitu bertujuan untuk menilai fungsi koklea.

Selain itu untuk mendeteksi gangguan pendengaran bayi dilakukan juga pemeriksaan ABR (Auditory Brainstem Response) atau BERA (Brain Evoked Response Auditory). Pemeriksaan ini dilakukan untuk menilai fungsi pendengaran sepanjang jalur pendengaran, mulai dari telinga dalam hingga ke inti-inti tertentu di bidang otak dan untuk menilai fungsi saraf VIII (N. auditorius).

Tes OAE akan mengahasilkan dua kemungkinan yaitu passed dan failed. Jika hasilnya passed, ini tandanya bunda tidak perlu khawatir dan bisa bernapas lega, namun jika hasilnya failed belum tentu itu berarti gangguan pendengaran pada bayi, itu artinya bunda harus kembali dua minggu lagi untuk melakukan kontrol. Jika setelah dua minggu hasilnya tetap sama maka ada sejumlah evaluasi yang perlu dilakukan dalam rentang usia 6 bulan hingga 2 tahun.

Sebenaranya ada faktor penyebab gangguan pendengaran bayi digolongkan menjadi tiga, yaitu :

1. Infeksi telinga bagian dalam
Infeksi ini terjadi pada daerah telinga bagian tengah yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Orang Indonesia biasa menyebutnya dengan istilah congek. Infeksi ini terjadi karena terkumpulnya cairan dibelakang gendang telinga, pada bayi cairan tersebut muncul karena bagian – bagian telinga masih belum berkembang dengan sempurna.

2. Bawaan sejak lahir
Faktor kedua yang menyebabkan gangguan pendengaran bayi diduga disebabkan oleh faktor genetis atau keturunan. Gangguan ini bisa terjadi jika ibu mengalami kelainan medis seperti diabetes pada saat mengandung. Selain itu, bayi yang terlahir prematur juga beresiko sangat tinggi untuk mengalami gangguan pendengaran atau ketulian.

3. Penyebab lainnya
Banyak kondisi yang memicu gangguan pendengaran bayi diantaranya serangan penyakit radang selaput otak, campak, benturan keras didaerah kepala, terpapar suara keras dalam waktu yang lama, dan kotoran telinga yang menumpuk.

Untuk itu bunda harus mendekteksi gangguan pendengaran pada bayi sedini mungkin agar tidak terlambat mengatasinya. Jangan lupa untuk selalu konsultasikan kepada dokter spesialis ya bunda! Baca juga : Kenali 5 Jenis Tangisan Bayi Berikut Ini

author
No Response

Leave a reply "Bunda! Kenali Penyebab Gangguan Pendengaran Bayi Ini"