Bunda Perlu Ketahui, Inilah Gejala dan Pengobatan Autoimun Pada Anak

Katalogibu – Penyakit autoimun pada anak adalah penyakit yang berupa kerusakan jaringan akibat respon imun terhadap self-antigen (jaringan tubuh sendiri yang diidentifikasi sebagai benda asing), yang dapat menimbulkan kumpulan gejala dan kelainan yang kompleks. Penyakit ini dapat memiliki efek pada setiap bagian tubuh, seperti dapat mempengaruhi sendi, pembuluh darah, sel darah merah, jaringan ikat, otot atau bahkan kelenjar endokrin (seperti pankreas atau tiroid).

Gejala penyakit ini sulit untuk dikenali karena samar dan tidak spesifik, serta seringkali tumpang tindih dengan gejala penyakit lain. Gejala penyakit tergantung pada proses perjalanan penyakit yang mendasarinya, jadi dapat berupa gejala umum (sistemik) atau spesifisik terhadap organ yang terkena. Namun disisi lain, ada beberapa gejala yang dapat ditemukan.

Gejala pertama yang harus diambil sebagai tanda-tanda jelas ketika diamati pada anak-anak, antara lain pusing, demam, kelelahan, mulut kering atau mata kering, turunnya berat badan, nyeri sendi dan ruam kulit. Gejala ini akan tergantung pada bagian tubuh yang terserang.

Untuk pengobatan penyakit autoimun yang diberikan pada anak bertujuan mengendalikan kerusakan gejala karena penyakit. Serta untuk mempertahankan kemampuan tubuh anak memerangi penyakit. Berikut terdapat beberapa cara pengobatan penyakit autoimun yang biasanya dilakukan pada anak:

  • Tranfusi Darah

Treatment ini dilakukan bila autoimun menyerang organ ginjal dan hati. Tranfusi darah menjadi penting bagi anak karena tubuh berhenti memproduksi darah yang cukup.

  • Suplemen

Biasanya dokter menyarankan beberapa konsumsi suplemen untuk menggantikan insulin, hormone, atau vitamin. suplemen ini juga membangun daya tahan tubuh si kecil untuk menjalankan tugasnya.

  • Terapi fisik

Bila si anak memiliki penyakit autoimun yang berhubungan dengam sendi, otot, atau tulang, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan terapi fisik. Ya, terapi fisik amat penting untuk memperkuat otot-otot dan membantu bagian tubuhnya bergerak seperti sedia kala.

  • Kortikostreoid

Ini adalah hormon yang diproduksi kelenjar adrenal. Hormone ini bisa diberikan dalam bentuk suntikan, losion, tablet, dan inhaler. Obat-obatan tersebut sangat berpengaruh bagi daya tubuh si kecil dan biasanya diberikan hanya dalam dosis kecil oleh dokter

Itulah ulasan mengenai penyakit autoimun pada anak bila timbul gejala seperti yang disbutkan di atas segera bawa anak ke dokter untuk mengurangi terjadinya autoimun yang menyerang anak. Semoga bermanfaat untuk bunda dah buah hati ya.

author
No Response

Leave a reply "Bunda Perlu Ketahui, Inilah Gejala dan Pengobatan Autoimun Pada Anak"