Bunda Perlu Tau, Penyakit Yang Biasa Menyerang Bayi

Bunda perlu tau, penyakit yang biasa menyerang bayiPenyakit bayi – Beberapa penyakit mungkin dianggap ringan dan biasa, namun ayah bunda patut waspada karena penyak it ringan pada orang dewasa dapat menyebabkan dampak yang berbahaya pada bayi atau balita. Penyakit apa sajakah yang sering meyerang bayi dan balita.
Tapi terkadang memang tidak mudah memprediksi apa yang terjadi dengan si kecil, karena sebagian besar anak belum bisa mengungkapkan keluhan apa yang dirasakannya.

ada beberapa gejala yang umum terjadi pada bayi dan kemungkinan penyebabnya yaitu:

1. Diare
Diare adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Diare adalah problem kesehatan yang paling sering terjadi pada bayi dan balita.

Perlu diketahui bahwa ada banyak hal yang dapat menyebabkan si kecil mengalami diare, termasuk diantaranya adalah infeksi bakteri, sensitif terhadap beberapa jenis makanan, dan terlalu banyak minum jus buah.

2. Batuk
Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit  bayi atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Penyebab yang paling umum dari kondisi ini kemungkinan selesma, atau dikenal juga sebagai infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Selain itu ada juga penyebab lainnya seperti lendir dari hidung yang mengalir ke tenggorokan, asma, bronkiolitis, batuk rejan atau pneumonia.

3. Muntah
Muntah atau gumoh disebabkan karena perut bayi yang baru lahir ukurannya masih sangat kecil. Daya tampungnya masih sedikit. Kalau terlalu banyak diberi susu, dia akan memuntahkan susunya kembali.

Oleh sebab itu, untuk bayi yang diberi susu formula, pada saat disusui, posisi botol susu dan botol harus pas dengan mulutnya agar udara tidak ikut masuk ke dalam mulut bayi. Udara yang ikut masuk ini dapat menyebabkan bayi muntah.

sementara untuk bayi yang masih menyusui atau disusu dengan ASI, posisi menyusui harus betul dan pas. Setelah bayi selesai disusui, gendong bayi dengan posisi seperti berdiri hingga bersendawa. Setelah itu bayi ditidurkan dengan posisi miring ke kiri.

4. Sembelit
Ini Biasanya terjadi karena bayi kekurangan cairan atau akibat perubahan makanan dan dimulainya pemberian makanan padat pertama. Waspada jika sampai lebih dari satu bulan sembelit masih terjadi.

5. Sesak napas
kesulitan saat menarik napas merupakan tanda penyakit Bayi yang mengalami sesak, atau napas bayi berbunyi disertai batuk. Waspada karena jika bayi kekurangan oksigen wajah bayi menjadi kebiruan.

Baca Juga Cara Ibu Mengatasi Masalah Anak Malas Belajar

author
No Response

Leave a reply "Bunda Perlu Tau, Penyakit Yang Biasa Menyerang Bayi"