Bunda, Sudah Tau Gejala dan Penyebab Retinopati Prematuritas?

Katalogibu – Apa itu retinopati prematuritas ? retinopati prematuritas adalah gangguan mata pada bayi yang mengakibatkan kebutaan. Terutama terjadi pada bayi yang lahir secara premature denga berat sekitar 1250 gram atau kurang. yang lahir sebelum minggu ke-31 kehamilan ( umumnya waktu kehamilan yang dianggap cukup bulan adalah 38-42 minggu ). Semakin kecil bayi ketika lahir maka akan semakin besar kemungkinan untuk terkena gangguan ini.

Penyakit ini dapat membaik dan tidak meninggalkan kerusakan permanen dalam kasus ROP ringan. Sekitar 90 persen dari semua bayi yang terkena ROP berada dalam kategori ringan dan tidak membutuhkan pengobatan yang intensif. Namun, bayi dengan penyakit ROP yang lebih parah dapat terkena gangguan penglihatan atau bahkan kebutaan. Ada lima tahapan retinopati prematuritas yang harus diketahui, diantaranya:

  • Stadium l : ada sedikit pertumbuhan pembuluh darah abnormal
  • Stadium ll : pertumbuhan pembuluh darah cukup abnormal
  • Stadium lll : pertumbuhan pembuluh darah sangat abnormal
  • Stadium lV : pertumbuhan pembuluh darah sangat abnormal dan retina terpisah sebagian
  • Stadium V : ada ablaso retina total

Pemeriksaan mata dibutuhkan untuk mengetahui perubahan pembuluh darah karena tidak dapat dilakukan dengan mata tertutup. Jika bayi Anda mengalami satu dari beberapa gejala dibawah ini segera periksakan ke dokter, karena setiap tubuh memiliki reaksi berbeda. Berikut gejala ROP parah meliputi :

  1. Gerakan mata abnormal
  2. Mata juling
  3. Rabun jauh parah
  4. Pupil terlihat putih ( leukocoria )

Penyebab dari retinopati prematuritas terjadi ketika pembuluh darah abnormal tumbuh dan menyebar di seluruh retina. Jaringan yang melapisi bagian belakang mata, pembuluh darah abnormal ini rapuh dan dapat bocor, melukai retina dan menariknya keluar dari posisinya. Ini menyebabkan ablasi retina, ablasi retina adalah penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan dalam ROP. Ketika bayi lahir dengan usia kehamilan yang umum, pertumbuhan pembuluh darah retina sebagian besar telah lengkap. Namun, jika bayi lahir secara premature pertumbuhan pembuluh darah normal terhenti sebelum pembuluh mencapai retina, dan pinggiran retina bisa jadi tidak mendapat oksigen dan nutrisi yang cukup.

Cara terbaik mencegah retinopati prematuritas adalah dengan menghindari kelahiran premature. Perawatan kehamilan dan konsultasi dokter dapat membantu mencegah kelahiran prematur dan menginformasikan pada para ibu mengenai faktor, gejala, dan penyebab yang memengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan.

Bunda, itulah informasi tentang retinopati prematuritas yang biasa terjadi pada bayi premature. Semoga informasi ini dapat memperluasa wawasan Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Sudah Tau Gejala dan Penyebab Retinopati Prematuritas?"