Bunda Wajib Tahu Jenis Batuk Pada Anak

 

Katalogibu – Pada saat pergantian musim atau pancaroba banyak orang yang mengalami batuk, karena kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Tidak hanya bagi orang dewasa saja, batuk bisa jadi penyakit umum yang dapat dialami si kecil. Namun, tidak semua jenis batuk bisa dianggap biasa. Ada beberapa jenis batuk pada anak yang perlu bunda waspadai karena bisa saja berbahaya. Berikut jenis batuk pada anak:

  1. Batuk Menggonggong

Batuk seperti ini biasanya disebabkan oleh croup, yaitu suatu peradangan pada larings dan trakea. Batuk ini disebabkan oleh alergi, perubahan suhu udara dan infeksi saluran pernapasan bagian atas. Batuk ini menyerang anak tiba-tiba, khususnya pada malam hari dan menjelang subuh saat anak tidur.

  1. Batuk Rejan

Batuk rejan yang kerap diakhiri dengan suara seperti ingin muntah ketika kita mengambil nafas. Batuk jenis  ini disebabkan oleh bakteri pertussis, yang dapat menular melalui percikan cairan dari hidung atau mulut orang yang terinfeksi karena bersin, batuk dan tertawa.

  1. Batuk Malam Hari

Banyak batuk yang memburuk pada malam hari,mhal ini karena saat anak berbaring ditempat tidur terjadi sumbatan pada hidung dan sinus mengalir ke tenggorokan dan menimbulkan iritasi.

  1. Batuk Dengan Mengi

Batuk yang disertai bunyi mengi saat anak mengeluarkan udara napas ini, mungkin menandakan adanya suatu sumbatan dijalan napas bawah. Sumbatan ini dapat disebabkan oleh pembengkakan akibat infeksi pernapasan seperti bronkiolitis atau pneumonia.

  1. Stridor

Berbeda dengan mengi, stridor merupakan suara napas yang berisik dan kasar yang terdengar pada saat anak menghirup napas. Stridor, paling sering disebabkan oleh pembengkakan di jalan napas atas. Biasanya akibat croup karena virus.

  1. Batuk Dengan Demam

Jika anak batuk dengan demam yang tidak tinggi dan hidung beringus, kemungkinannya ia menderita pilek biasa. Disisi lain, batuk yang disertai 39 derajat celcius atau lebih tinggi dimana anak tampak lesu dan napasnya cepat, kemungkinan pneumonia.

Itulah jenis batuk pada anak yang perlu bunda ketahui. Penting untuk mengetahui jenis batuk yang di derita si anak untuk mrlakukan perawatan yang tepat agar membantu melegakan pernapasan anak. Satu hal yang wajib diperhatikan oleh bunda, ketika batuk pada anak berlangsung terus dan dalam waktu lama, sebaiknya bunda cepat periksakan dan konsultasi dengan dokter agar si anak dapat penanganan yang lebih serius. Semoga informasi ini membantu Bunda dalam mengatasinya.

author
No Response

Leave a reply "Bunda Wajib Tahu Jenis Batuk Pada Anak"