Bunda, Waspadai Bahaya Stunting pada Anak!

Katalogibu – Indonesia adalah negara dengan angka stunning tertinggi dengan menempati urutan ke lime di dunia. Namun, sayangnya masih banyak yang belum mengetahui apa sebenarnya stunting pada bayi. Kita akan membahas tentang pengertian dan dampak stunting pada anak. Stunting adalah masalah gizi kronis atau parah yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama, umumnya asupan yang masuk ke dalam tubuh si bayi tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, biasanya dikarenakan faktor ekonomi, pola asuh dan perilaku hidup tidak sehat. Stunting sendiri bisa terjadi mulai dalam kandungan dan baru bisa terlihat saat anak sudah berusia dua tahun.

 

Stunting memiliki beberapa faktor atau penyebab seperti tidak cukup protein dalam proporsi asupan kalori, sering menderita infeksi di awal kehidupan anak dan dapat dipicu oleh hormone penyebab stress . Gejala yang dialami oleh bayi yang mengalami stunting antara lain:

 

  1. Pertumbuhan tulang tertund
  2. Berat badan rendah untuk anak seusianya
  3. Anak berbadan lebih pendek untuk anak seusianya
  4. Proporsi tubuh cenderung normal tetapi anak tampak lebih muda atau kecil untuk seusianya

 

Dan tahukah Bunda? Dampak stunting pada anak  tidak dapat disepelehkan karena cukup mengkhawatirkan, antara lain:

 

  1. Tumbuh kembang tidak optimal

Stunting membuat perkembangan si bayi kurang optimal. Ada kemungkinan si kecil terlambat jalan atau kemampuan motoriknya kurang optimal. Secara sosial ketika bergaul dengan teman sebaya atau seumuran bahkan dengan orang dewasa ia akan cenderung cuek dan kurang peduli terhadap lingkungannya.

 

  1. Sulit Konsestrasi

Stunting juga mempengaruhi kemampuan belajar dan kecerdasan anak. Anak akan beresiko mengalami kesulitan belajar dan berkonsentrasi akibat kekurangan gizi, dan ada kemungkinan prestasi akademik si anak belum mencapai hasil yang optimal.

 

  1. Mudah Sakit

Asupan nutrisi yang baik merupakan penunjang yang dibutuhkan daya tahan tubuh si kecil, saat si kecil kekurangn asupan nutrisi sejak dini maka akan beresiko mudahnya penyakit menyerangnya dan akan sering sakit. Si kecil juga akan rawan terkena penyakit setelah ia dewasa seperti diabetes, jantung, kanker dan penyakit dalam lainnya.

 

Bunda itulah pengertian dan dampak dari stunting pada anak, karena mencegah lebih baik dari mengobati pemberian nutrisi yang baik sejak didalam kandungan tentunya menjadi salah satu penunjang yang penting. Untuk merawat tumbuh kembang anak lebih optimal dan terhindar dari malnutrisi.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Waspadai Bahaya Stunting pada Anak!"