Bunda, Yuk Awasi Secara Seksama Tahap Penglihatan Bayi Anda

Tahap Penglihatan Bayi

Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat krusial bagi setiap individu. Mata membantu Anda untuk terkoneksi secara langsung dengan dunia, dan dengan mata Anda dapat menyaksikan sekaligus mempelajari berbagai macam hal yang ada di dunia ini. Bagi seorang bayi, kemampuan melihat tersebut tidak serta merta didapatnya secara langsung segera setelah ia lahir. Ia akan mendapatkan kemampuan melihatnya secara total secara berangsur-angsur, dan penting bagi Anda untuk mengetahui tahap penglihatan bayi Anda.

Tahap penglihatan bayi di fase awal kelahirannya meliputi daya pandang yang masih sangat kabur. Bayi masih belum dapat membedakan perbedaan antara satu obyek dengan obyek yang lain. Bayi juga belum mampu mengalihkan pandangan matanya antara 2 obyek.  Sejauh ini jarak fokus dari pandangan mata bayi terhadap obyek hanyalah sekitar 8 hingga 10 inci dari wajah mereka.

Hal tersebut berangsur-angsur berubah ketika bayi mulai memasuki usia 1 hingga 3 bulan. Saat ini bayi sudah mulai dapat mengikuti gerakan dari obyek bergerak dengan matanya, bahkan perkembangan motoriknya pun sudah mulai berkembang, ditandai dengan ia sudah mulai belajar untuk berusaha menjangkau benda-benda yang ada di sekitarnya. Akan tetapi tidak jarang koordinasi antara kedua otot mata bayi belum berfungsi dengan baik sehingga terkadang bayi terlihat memiliki mata juling. Namun hal tersebut adalah hal yang normal jadi tidak ada yang perlu Bunda khawatirkan.

Di usia bayi yang mulai menginjak umur 5-8 bulan, mata bayi sudah mulai dapat membentuk pemandangan 3 dimensional yang dapat membantu bayi dalam menentukan apakah satu obyek berada berdekatan atau justru berjauhan dari obyek yang lain.

Selanjutnya, ketika bayi sudah mulai menginjak usia 9 hingga 12 bulan bayi sudah mulai dapat mengukur jauhnya sebuah obyek tertentu. Dan ia sudah mulai dapat melempar beberapa barang dengan tepat.

Pada umumnya bayi Anda akan melalui masa-masa di atas dengan mulus dan tanpa masalah, bahkan bisa dibilang gangguan penglihatan yang terjadi pada bayi di masa ini sangatlah jarang. Namun tetap saja Anda sebagai orangtua harus memperhatikan anak Anda dan segera memeriksakan bayi Anda jika bayi Anda menunjukkan gejala-gejala di bawah ini:

  • Air mata yang merembes keluar berlebihan – Besar kemungkinan ada masalah penyumbatan pada kalenjar air mata
  • Kelopak mata bayi berwarna merah atau terdapat kerak pada kelopak mata – besar kemungkinan terjadi infeksi mata
  • Pupil bayi berwarna putih – Kemungkinan besar merupakan gejala dari kanker mata

Semoga informasi singkat mengenai tahap penglihatan bayi di atas bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Awasi Secara Seksama Tahap Penglihatan Bayi Anda"