Bunda, Yuk Ketahui Serba-Serbi Kanker Mata Baru Pada Bayi

Bunda, Yuk Ketahui Serba-Serbi Kanker Mata Baru Pada Bayi

Kanker adalah penyakit yang telah menjadi momok bagi banyak orang selama bertahun-tahun. Penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel tubuh yang mengganas ini telah banyak merenggut banyak nyawa manusia setiap tahunnya. Salah satu jenis kanker yang baru-baru ini menggemparkan dunia kedokteran adalah kanker mata yang lebih banyak menyerang bayi atau balita. Kanker mata baru pada bayi ini tidak hanya berpotensi menurunkan kualitas penglihatan bayi saja, tetapi juga jika tidak segera diobati, maka dapat mengakibatkan kematian pada bayi.

Penyebab paling utama yang mengakibatkan kanker mata baru pada bayi adalah faktor genetik.  Dengan kata lain, jika di dalam silsilah keluarga Anda terdapat kerabat yang memiliki riwayat terserang kanker mata, maka bayi Anda pun memiliki potensi yang cukup besar untuk terserang kanker mata ini.

Terbentuknya sel-sel kanker mata akibat faktor genetik dimulai semenjak bayi masih berada di dalam rahim. Organ mata bayi adalah organ vital pertama yang terbentuk dan berkembang, sebelum organ-organ vital yang lain.Umumnya, perkembangan sel-sel retina pada mata bayi akan berhenti memperbanyak diri pada satu titik. Akan tetapi, pada bayi yang terserang kanker mata sel-sel retina tersebut terus membelah diri secara membabi buta. Dampaknya, terjadi mutasi dari gen pada sel retina yang disebut dengan gen RB1. Gen abnormal tersebutlah yang mengakibatkan kanker mata (retinablastoma).

Penyakit retinablastoma yang disebabkan oleh faktor genetik disebut dengan retinablastoma hereditas. Penyakit kanker mata hereditas ini memiliki potensi yang sangat tinggi untuk merambat dan menulari organ-organ tubuh vital lainnya, salah satunya adalah otak. Karena itu, walaupun sang anak dinilai telah sembuh dari penyakit kanker mata, tidak menutup kemungkinan kelak ia akan menderita jenis penyakit kanker lain kelak. Penyakit retinablastoma herediter dinilai cukup sering terjadi, dengan prosentase sebesar 40% dari kasus penyakit kanker mata secara general. Namun yang mengejutkan, hanya sekitar 10% saja dari penyakit kanker mata ini yang disebabkan oleh riwayat keluarga, sedangkan 30% disebabkan oleh kelainan mutasi genetik pada masa-masa kehamilan.

Mutasi gen abnormal RB1 ini tidak hanya dapat terjadi pada bayi saja, tetapi juga dapat muncul baru ketika bayi memasuki masa kanak-kanak. Dan tidak seperti retinablastoma hereditas yang menyerang kedua belah organ mata, jenis retinablastoma satu ini hanya menyerang satu bagian mata, dan hingga kini belum ditemukan secara pasti apa penyebabnya. Retinablastoma jenis ini disebut dengan retinablastoma non-hereditas.

Hingga saat ini, sayangnya masih belum ditemukan metode-metode pencegahan kanker mata baru pada bayi. Hanya saja, Anda dapat secara signifikan mengurangi resiko semakin parahnya penyakit kanker mata pada anak Anda dengan melakukan pemantauan rutin semenjak bayi lahir ke dunia. Semakin cepat ditanggulangi, maka akan semakin besar harapan bayi tersayang pulih total.

Semoga informasi ini membantu Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Ketahui Serba-Serbi Kanker Mata Baru Pada Bayi"