Cara Cerdas Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Cara Cerdas Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Kesehatan gigi – Orang tua seringkali enggan memeriksakan kesehatan gigi anaknya karena menganggap gigi susu akan tanggal sehingga kurang penting jika dibandingkan dengan gigi dewasa. Namun nyatanya hal tersebut tak benar. Sebab, gigi susu memiliki keterkaitan erat dengan kesehatan gigi saat dewasa kelak.

Anak-anak suka memakan makanan manis seperti cokelat, es krim, kue, dan makanan lainnya. Orang tua bisa mencegah anak mereka makan makanan manis, namun terkadang lubang pada gigi tak hanya disebabkan oleh makanan manis, tetapi juga hal lainnya. Terkadang banyak orang tua yang kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulut anak hanya kerena mereka masih memiliki gigi susu yang cepat atau lambat akan lepas. Namun itu bukan alasan untuk tidak Merawat kesehatan gigi anak.

Terlalu banyak makan permen dapat berbahaya bagi anak. Bukan hanya bahaya diabetes sejak dini karena kandungan gula di dalam permen, melainkan juga bahaya gigi yang rusak dan berlubang. Apalagi jika anak sangat menyukai permen yang lengket dan kenyal, dimana perlu waktu lebih lama untuk mengunyahnya, sehingga sisa-sisa permen tertinggal di sela-sela gigi dan tinggal lebih lama di dalam mulut.

  • Kesehatan gigi sedini mungkin

Melindungi rutinitas bersihkan gigi mesti diawali sedini barangkali. gusi bayi dan gigi yang baru nampak mesti betul-betul dibersihkan dengan air pada kaain basah sesudah mereka makan.

  • Demi kesehatan pakai pasta gigi fluoride

Pasta gigi fluoride mesti dipakai segera sesudah gigi susu nampak yang menolong menghindar serta mengendalikan rusaknya gigi. untuk anak dibawah umur 3, pakai pasta gigi fluoride yang memiliki kandungan sekurang-kurangnya 1000 ppm fluoride serta untuk anak-anak pada 3 sampai 6, memiliki kandungan flouride 1350-1500 ppm. tetapi, mesti dipastikan bahwa anak-anak tidak menjilat atau makan pasta gigi.

  • Kesehatan dan tehnik menyikat gigi yang tepat

Penting kesehatan untuk meyakinkan bahwa anak-anak menyikat gigi dengan benar. tahu cara menyikat yang benar bisa menolong mengembangkan rutinitas kesehatan mulut yang baik dari step awal. tetapi, tak perlu menjelaskan cara menyikat gigi yang benar dengan tehnik yang rumit. coba menggunakan langkah sederhana untuk menjelaskan bagaimana cara memegang sikat gigi serta gerakan menyikat yang.

  • Kesehatan flossing

Flossing penting untuk kesehatan gigi, flossing yang baik bisa menghilangkan sisa makanan disela-sela gigi. walau amat sukar, bisa menolong menghindar rusaknya gigi serta bau mulut. flossing gigi pada anak-anak diawali pada waktu merekamempunyai dua gigi geraham, yang umumnya berlangsung pada umur 2, 5 sampai 3 tahun.

  • Kesehatan makanan bergizi

Penting untuk meyakinkan bahwa anak makan makanan yang bergizi untuk melindungi kesehatan-kesehatan gigi yang baik. gula yang tersembunyi dalam makanan serta minuman barangkali mengakibatkan gigi berlubang. sebaliknya, jus buah bukan sekedar bergizi, namun juga bisa kurangi kemungkinan gigi berlubang. makan buah-buahan serta sayuran mentah, keju non-olahan, susu serta yogurt, yaitu pilihan makanan sehat yang bisa dimasukkan saat menu anak-anak untuk kesehatan-kesehatan mulut yang baik.

batasi makanan lengket yang menempel pada gigi serta mengakibatkan gigi berlubang. menyuruh anak-anak untuk minum atau bersihkan gigi sesudah makan makanan manis atau lengket bisa kurangi potensi rusaknya gigi.

  • Periksa Kesehatan ke dokter gigi

Anak mesti dibawa ke dokter gigi sekurang-kurangnya satu kali waktu dia berumur 2 tahun. perihal ini menolong anak-anak untuk membiasakan diri dengan lingkungan serta mengidentifikasi dan menghindar problem gigi sedini mungkin demi kesehatan.

 

author
No Response

Leave a reply "Cara Cerdas Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi Anak"