Cara Mencegah Diare Pada Anak dengan Cuci Tangan

Kegiatan yang sangat sepele tapi sangat berpengaruh untuk kesehatan adalah Cuci Tangan dengan sabun. Kegiatan ini perlu di perhatikan Bunda untuk anak mengingat anak yang sangat aktif dalam bermain yang bersentuhan dengan benda yang belum tentu benda yang di sentuh dalam keadaan bersih. Sebelum makan anak di haruskan untuk melakukaknya dengan sabun untuk mencegah diare.

 

Diare tidak hanya dialami orang dewasa saja, justru anak-anak kerap kali mengalaminya. Diare bisa terjadi karena beberapa faktor seperti, virus, kelebihan vitamin c, alergi obat, dan tentunya makanan yang kurang bersih. Penyakit ini akan berbahaya jika tidak segera mendapat penangan yang benar. Jika penyakit ini tidak segera diobati, penderita bisa keurangan cairan dan elektrolit yang mengakibatkan tubuh menjadi lemas.

 

Perlu Bunda ketahui bahwa bakteri ecoli dan staphylococcus adalah dua bakteri yang menjadi penyabab penyakit diare. Dan proses ke dua bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh manusia  melalui makanan serta minuman. Jika Bunda menerapkan Cuci Tangan pada anak sebelum makan dan minum dipastikan akan tercegah dari resiko untuk terkena penyakit diare.

 

Menurut mentri kesehatan, mencuci tangan menggunakan sabun merupakan langkah penting untuk mencegah penyakit seperti diare dan radang paru-paru yang menyerang balita dan anak-anak. Menurut data Survei Penduduk Antar Sensus pada 2015, angka kematian balita di Indonesia mencapai 26 banding 1000. Jumlah balita yang ada di Indonesia mencapai 20 juta dan sekitar 520 ribu balita meninggal dalam setahun.

 

Penerapan Cuci Tangan yang benar adalah dengan menaruh tangan di bawah air mengalir yang bersih serta menggunakan sabun. Perlu diperhatikan bahwa yang tangan dicuci tidak semata-mata fokus pada telapak tangan saja, akan tetapi juga sampai ke bagian punggung tangan. Kemudian, pastikan sela-sela jari dan tangan dibersihkan saat mencuci tangan dengan sabun.

 

Hal di atas disebutkan dalam fakta yang menunjukkan bahwa 60 persen kuman yang menempel dan bersembunyi di bagian sela-sela jari dan 40 persennya lagi menempel bersembunyi di bagian punggung tangan. Untuk itu dampingilah anak Bunda  untuk memastikan mencuci tangannya dengan benar sehingga tangan benar-benar dalam kondisi bersih. Dan juga salah satu langkah dini untuk mencegah terjadinya Diare pada anak kesayangan Bunda. Semoga informasi ini membantu Bunda dalam mewaspadainya ya.

author
No Response

Leave a reply "Cara Mencegah Diare Pada Anak dengan Cuci Tangan"