4 Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi

No comment 693 views
Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi Secara Alami

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi Secara Alami

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi – Konstipasi atau juga biasa disebut sembelit merupakan sebuah penyakit saat susah buang air besar. Disaat selama beberapa hari tidak buang air besar (BAB), dan tentunya sembelit ini juga dapat menyebabkan badan dan tubuh bayi terkena racun makanan yang tidak terbuang dalam proses metabolisme bun.

Seperti halnya buang air bagus nya harus dilaksanakan setiap hari. Sehingga jika susah buang air sangatlah perlu, dan khawatiran terhadapap bayi bunda jika telah lebih dari pada 36 jam tidak buang air, maka hal itu tentu saja akan menjadi gejala bahwa bayi bunda terserang sembelit. Nah, maka dari itu simak berikut cara mengatasi sembelit pada bayi yang kami tim katalogibu.com berikan, cekidot:

1. Memastikan Apakah Bayi Anda Memang Sembelit

Yang pertama yaitu dengan memastikan bahwa si bayi bunda mengalami sembelit,  ciri-ciri dari sembelit meliputi ritme buang air besar yang tidak rutin, tinja yang keras dan juga diare bun. Dan juga kebanyakan kasus sembelit pada bayi juga jarang sekali menyerang bayi yang rutin minum ASI. Sembelit juga biasanya terjadi disaat si kecil yang mulai makan makanan padat. Tanda lain dari sembelit ini merupakan bagian perut bawah yang keras dan juga sakit pada bagian perut yang akan segera hilang setelah buang air besar bun.

2. Perhatikan Takaran Susu Formula

Cara mengatasi gejala sembelit pada bayi yang kedua yaitu dengan mencampurkan susu formula bayi dengan takaran yang tepat bun, susu formula yang dicampurkan dengan konsistensi yang terlalu kental ini juga dapat menyebabkan sembelit pada bayi. Dengan mengikuti arahan yang ada dalam kemasan susu secara hati-hati karena setiap merek susu memiliki aturan campuran yang berbeda. Dan jangan pernah mengabaikan instruksi karena menganggap semua merek susu tidak memiliki perbedaan aturan takaran bun.

3. Memijat Perut Bayi

Cara mengatasi sembelit pada bayi selanjutnya yaitu dengan memijat perut bayi untuk mengurangi pelebaran usus bun, sejumlah besar kotoran buang air besar pada usus ini juga dapat menyebabkan pelebaran yang akan sangat menyakitkan bagi bayi bun. Rasa sakit ini nantinya justru akan membuat bayi menahan buang air sehingga malah akan membuat sembelitnya semakin parah bun. Maka dari itu gunakan sedikit minyak zaitun untuk mengurangi gesekan dan pijat perut bayi dalan gerakan yang lembut dan memutar searah jarum jam untuk mengurangi sembelit pada bayi bun.

4. Beri Sedikit Jus Apel Atau Pir

Cara berikutnya untuk mengatasi sembelit secara alami adalah dengan mencampurkan sedikit jus apel atau jus buah pir ke dalam susu bayi Anda. Meski makanan padat kerap jadi sebab terjadinya susah buang air besar pada bayi, namun buah seperti apel dan pir bisa membantu menormalkan kembali.

Nah, itulah tadi merupakan beberapa cara mengatasi sembelit pada bayi yang dapat kami berikan untuk Anda, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda bun!

author
No Response

Leave a reply "4 Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi"