Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Bayi!

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Bayi!

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Bayi!

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar – Susah untuk buang air besar pada bayi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi bun. Faktor penyebabnya sangat beragam, salah satunya yaitu berasal dari makanan ataupun karena sistem pencernaan bayi belum sepenuhnya bisa bekerja dengan sempurna.

Namun, pada dasarnya buang air besar pada bayi memang kerap kali berubah-ubah. Secara umum bayi yang baru lahir akan buang air besar sebanyak 4 kali setiap harinya. Namun jika si kecil tidak buang air besar seharian maka perlu diwaspadai karena bisa menjadi indikasi adanya gejala sembelit pada bayi.

Buang air besar yang teratur juga merupakan salah satu tanda bahwa si kecil dalam keadaan sehat. Hal ini karena membuang zat sisa berupa kotoran juga merupakan salah satu kegiatan tubuh yang sangat penting dan menandakan bahwa sistem pencernaan bayi berfungsi normal. Nah, lalu bagaimana cara mengatasi susah buang air besar pada bayi? Yuk simak berikut ini tips dan cara mengatasi bayi yang susah buang air besar yang dibawakan oleh tim katalogibu.com:

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Bayi

  • Menggerakan Kaki Bayi Secara Perlahan
Cara mengatasi susah buang air besar pada bayi yang pertama yaitu dengan posisikan bayi berbaring ditempat tidur senyaman mungkin, lalu pegang kedua pergelangan kaki secara perlahan. Nah kemudian gerakan secara perlahan kedua pergelangan kaki bayi dengan gerakan seperti mengayuh sepeda, lalu gerakan seperti ini akan membantu menstimulus usus besar bayi sehingga secara perlahan akan membuat kotoran keluar bun.
  • Mandikan Bayi Dengan Air Hangat
Cara kedua mengatasi susah buang air besar pada bayi yang kedua yaitu dengan memandikan bayi menggunakan air hangat, memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat merupakan salah satu terapi memperlancar buang air besar. Cara ini juga terbukti bisa membantu memperlancar buang air besar pada bayi jika dilakukan dengan benar lho bun. (Baca juga: Ini 5 Obat Sakit Gigi Yang Aman Dan Ampuh Untuk Ibu Hamil!)
  • Pemberian ASI
Cara mengatasi susah buang air besar pada bayi selanjut nya yaitu dengan memberikan ASI bun, hal ini dikarenakan ASI sangatlah berguna dalam memnperlancar pencernaan atau buang air besar. Didalam ASI juga terkandung kolostrum yang bermanfaat dalam melancarkan buang air besar pada bayi secara teratur. Hindari juga pemberian susu formula sebab komposisinya berbeda dengan ASI bun.
Nah, itulah tadi beberapa cara mengatasi susah buang air besar pada bayi yang dapat kami berikan bun, dan semoga dapat bermanfaat bagi Anda ya bun!
author
No Response

Leave a reply "Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Bayi!"