Cara Mengatasi Demam Berdarah Pada Anak Dan Mencegahnya!

demam berdarah pada anak

Cara Mengatasi Demam Berdarah Pada Anak Dan Mencegahnya – Bagaimana cara anda sebagai orang tua untuk mengecek penyakit yang diderita oleh anak anda. Padahal sering kali gejala – gejala penyakit satu dengan penyakit lainnya sama. Memang butuh ketelitian untuk mengecek kondisi penyakit yang diderita oleh anak anda.

Salah satu caranya adalah dengan memahami lebih jauh mengenai penyakit – penyakit yang diderita oleh anak anda. Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada anak – anak. Agar anda tidak panik anda harus mengetahui gejala – gejala dan juga cara mencegah demam berdarah pada anak yang dibawakan tim katalogibu.com berikut ini:

Tanda – Tanda, Mencegahnya Dan Cara Mengatasi Demam Berdarah Pada Anak

  • Tanda – tanda demam berdarah pada anak

Demam berdarah atau DB adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aygepti. Pasien yang mengalami akan mengeluarkan darah dihidung, permukaan kulit atau bahkan juga bisa mengalami DSS (Dengue Shock Syndrome) yang disebabkan karena pencahnya pembuluh darah. Gejala demam berdarah adalah demam yang terjadi secara mendadak, suhu tubuh berkisar antara  39 – 40 derajat celcius. Demam ini biasanya disertai dengan sakit kepala yang berat, sakit dibelakang mata, nyeri sendi, mual bahkan hingga muntah, serta muncul bintik – bintik merah dikulit. Pada umumnya demam akan terjadi dalam jangka waktu 5 -7 hari. Dan biasanya suhu tubuh akan turun dalam waktu 3  atau 4 hari lalu akan naik lagi pada hari berikutnya. (Baca juga:Cara Mengatasi Biduran Pada Anak Yang Tepat)

Demam berdarah terjadi jika seseorang telah digigit oleh nyamuk aedes aygepti yang sudah terinfeksi oleh virus. Setelah virus ini masuk kedalam tubuh seseorang, virus ini akan berkembang biak dan gejala – gejalanya akan muncul sekitar dalam jangka waktu 4 – 6 setelah masa inkubasi.

Itulah beberapa tanda – tanda demam berdarah pada anak dan berikut adalah cara pencegahannya :

  • Cara mencegah demam berdarah pada anak

1. Hindari gigitan nyamuk

Perhatikan kapan biasanya nyamuk akan berkeliaran. Nyamuk aedes aygepti umumnya keluar pada 2 jam menjelang matahri terbit dan tenggelam, maka berikan perlindungan ekstra pada anak anda dalam waktu ini. Pakaikan baju yang berlengan panjang, celanan panjang, bahkan pakaikan juga kaos kaki. Dan juga gunakan lotion nyamuk pada kulit anak namun perlu diingat perhatikan pemakaian pada anak dibawah 3 tahun.

2. Hindari genangan air

Jika dirumah anda ada banyak genangan air yang bisa dibuat sarang untuk nyamuk sebaiknya anda segera membersihakannya karena nyamuk akan cepat berkembang biak pada lingkungan yang kotor contohny seperti genangan air.

3. Kuras bak mandi atau tempat penampungan air secara teratur

Pasti anda pernah melihat jentik – jentik didalam bak mandi kamar mandi anda. Nah itulah tandanya bahwa nyamuk sudah berkembang biak didalam bak mandi anda. Jangan sampai anda membiarkannya secara terus – menerus karena bisa menyebabkan nyamuk demam berdarah berkembang biak lebih banyak lagi. Bersihkan secara teratur bak mandi dan tempat penampungan air anda agar jentik – jentik itu tidak berubah menjadi nyamuk dan keluarga bebas dari demam berdarah.

4. Timbun atau buang wadah – wadah yang dapat menampung air

Mulailah secara sehat dalam membuang sampah contohnya adalah buanglah sampah pada tempatnya seperti membuang wadah yang bisa menampung air agar tidak menjadi sarang bagi nyamuk demam berdarah.

Nah itulah beberapa gejala, mencegahnya dan cara mengatasi demam berdarah pada anak mulailah hidup sehat dan jangan bung samapah sembarangan karena lingkungan yang kotor merupakan lingkungan yang paling digemari oleh nyamik demam berdarah. Baca juga tentang 7 Tips Mengobati Sakit Perut Pada Anak!

author
No Response

Leave a reply "Cara Mengatasi Demam Berdarah Pada Anak Dan Mencegahnya!"