Cari Tau Penyebab Obesitas Pada Anak Yuk!

No comment 1153 views

obesitas

penyebab obesitas pada anak – Akhir-akhir orang mulai ramai kembali membicarakan obesitas pada anak. Hal tersebut menyusul berita tentang anak yang usia sekolah dasar yang sudah memiliki bobot hingga ratusan kilogram dan tentunya mengalami masalah kesehatan. Obesitas pada anak mulai menjadi perhatian serius masyarakat Indonesia.

Obesitas atau yang lebih sering kita sebut kegemukan adalah dimana suatu kondisi tubuh mengalami penumbukan lemak yang disebabkan kalori yang berlebihan. obesitas pada anak dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti asma, jantung dan masih banyak lagi . Tentunya anda sebagai orang tua tidak ingin hal – hal tersebut terjadi pada anak Anda. Berikut adalah faktor – faktor obesitas :

Faktor, Deteksi, dan Cara Pencegahan Obesitas Pada Anak

  • Faktor Penyebab Obesitas 

1. Kebiasaan anak yang mengkonsumsi makanan manis, seperti minuman bersoda, permen, es krim, coklat masih banyak lagi dan pola makan yang salah pada anak

2. Peranan ASI yang digantikan dengan susu formula sehingga jumlah asupan yang diperoleh anak akan berlebihan dan menyebabkan kegemukan pada anak

3. Kurang olahraga atau aktivitas fisik pada anak, hobi anak yang sangat suka bermain game ataupun kegiatan yang tidak mengeluarkan keringat juga termasuk salah satu penyebab kegemukan pada anak

4. Faktor genetik, apabila orang tua juga memiliki riwayat obesitas maka anak juga akan memiliki peluang besar menderita obesitas daripada anak yang tidak memiliki keturunan obestitas

  • Deteksi obesitas pada anak

1. Pastikan berat badan anak tergolong ideal, ini bisa dilakukan saat melakukan kunjungan ke dokter untuk memeriksakan kesehatan buah hati. Saat ditimbang perhatikan pula di Kartu Menuju Sehat (KMS), dimana di sana tertera umur serta berat badan ideal anak sesuai umur. Bila masih berada dalam zona hijau, maka berat badan anak Anda masih tergolong ideal.

2. Bentuk tubuh, ya dari bentuk tubuh Anda tentu bisa melihat bila anak Anda terlalu gemuk atau tidak. Bila memiliki dada yang membusung dan payudara yang besar (sekalipun anak laki-laki dan masih kecil) serta tungkai kaki membentuk huruf X, maka Anda patut waspada buah hati Anda sudah mengalami obesitas.

3. Lingkaran hitam di leher dan jari, ya bila Anda menemui adanya lingkaran hitam pada leher dan ruas jari, maka itu merupakan penebalan lapisan tanduk dan menyebabkan penumpukan sel-sel kulit. Hal ini biasa terjadi pada anak yang mengalami obesitas.

  • Cara pencegahan obesitas pada anak

1. Mengontrol asupan nutrisi anak dan jangan biarkan anak terus – menerus memakan makanan yang manis . Karena makanan manis merupakan salah satu penyebab obesitas pada anak . Dan berikan makanan sehat seperti buah dan sayur mayur kepada mereka .

2. Ajarkan dan kenalkan anak pada olahraga dan aktivitas fisik yang menarik . Karena dengan olahraga yang menarik dapat menarik keinginan anak untuk mencobanya. Ajaklah mereka olahraga seperti berenang, bersepeda atau lari – lari kecil di halaman rumah. Selain baik untuk kesehatan, hal ini juga akan membantu anak dalam hal bersosialisasi dengan lingkungan ataupun orang lain.

3. Faktor genetik sangatlah berpengaruh besar terhadap anak contohnya saja bial orang tua memiliki poal makan yang tidak baik maka anak akan ikut menirunya. Untuk itu peran orang tua dalam hal pola makan sangatlah penting karena juga mengingat sebagai contoh untuk anak – anaknya .

4. Temani mereka saat bermain game atau aktivitas yang tidak mengeluarkan keringat agar mereka tidak terlalu lama dalam melakukan hal ini .

 

Itulah moms beberapa penyebab obesitas pada anak dan cara pencegahannya . Anda juga harus ingat kebiasaan – kebiasaan baik dalam anak harus dilatih sejak mereka dalam usia dini agar buah hati anda terhindar dair obesitas atau kelebihan berat badan . Ajarilah mereka menjaga pola makan yang baik dan ajaklah mereka berolahraga secara teratur .  Baca juga artikel tentang Bayi Cerdas ? Yuk Penuhi 5 Nutrisi Ibu Hamil Berikut

author
No Response

Leave a reply "Cari Tau Penyebab Obesitas Pada Anak Yuk!"