Cegah Dehidrasi Pada Bayi !

No comment 729 views

gambar5

mencegah dehidrasi pada bayi – Apabila buah hati anda mengalami dehidrasi berarti jumlah cairan tubuhhnya lebih sedikit dari yang dibutuhkan . Pada bayi lebih mudah mengalami dehidrasi dibandingkan dengan orang dewasa. Dan akibat dehidrasi pada bayi adalah mereka akan muntah – muntah, demam bahkan bisa mengalami diare . Tanda – tanda sikecil mengalami dehidrasi adalah mulut dan bibirnya kering, cepat merasa haus, dan badannya dingin dengan kaki dan tangan yang pucat .

Berikut adalah cara mencegah dehidrasi pada bayi yang tepat :

Hal – hal yang tepat untuk mencegah bayi dehidrasi

  • Pastikan buah hati anda meminum cukup banyak air

Pastikan mereka untuk banyak meminum air putih apalagi di cuaca yang panas atau ketika ia mengalami demam, muntah – muntah dan diare . Berikut adalah hal – hal yang dapat mencegah dehidrasi saat sikecil dalam kondisi sakit :

– Demam : Berikan banyak cairan pada sikecil apabila ia tidak dapat menelan berikanlah mereka obat untuk mengutang rasa sakitnya atau langsung konsultasikan ke dokter . Jangan berikan mereka obat seperti aspirin karena obat tersebut dapat mengganggu kesehatan si kecil .

– Diare : Apabila sikecil sedang mengalami gangguan pencernaan, ia akan kekurangan banyak cairan yang disebabkan diare dan muntah – muntah . Dalam kondisi ini tetaplah berikan mereka ASI atau air putih agar cairan yang ada didalam tubuhnya tidak berkurang secara lebih banyak .

– Kepanasan : Berikanlah mereka banyak cairan karena dalam kondisi cuaca yang panas akan mengeluarkan banyak keringat yang menyebabkan sikecil mengalami banyak kekuranngan cairan .

– Muntah – Muntah : Infeksi pencernaan juga dapat muntah – muntah pada sikecil . Berikanlah mereka cairan elektrolit yang berguna untuk membantu meredakan diare dan mencegah dehidrasi pada sikecil saat sedang sakit .

Tingkatkan frekuensi minum sikecil

  • Perhatikan jumlah popok basah si bayi setiap harinya

– Usia 1 sampai 2 hari : Pada usia ini sistem perncernaan sikecil masih dalam periode beradaptasi . Jadi normal apabila sibayi hanya memiliki satu popok basah dan warna urinenya berwarna oranye yang pekat .

– Usia 3 hingga 5 hari : Normal jika si bayi memiliki jumlah popok basah lima tiap harinya dengan urine yang berwarna oranye muda

– Usia 6 hari keatas : Sikecil akan memiliki banyak popok basah tiap harinya hingga mencapai sepuluh popok bassah dan warna urine yang kuning muda . Dan itu merupakan hal yang wajar .

 

Itulah beberapa cara mencegah dehidrasi pada bayi yang tepat . Selain memperhatikan asupan gizi anda juga harus memperhatikan asupan cairan yang masuk kedalam tubuhnya agar buah hati tercinta anda terhindar dari dehidrasi . Pada kenyataannya jiak buah hati anda terhindar dari dehidrasi maka kemungkinan juga buah hati anda terhindar dari penyakit seperti diare . Baca juga ya moms artikel tentang Cara Ampuh Mengatasi Susah BAB pada Balita

 

author
No Response

Leave a reply "Cegah Dehidrasi Pada Bayi !"