Cegah Penyakit Cacingan Pada Anak!

No comment 1146 views

gambar24

cacingan pada anak – Penyakit cacingan merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh anak – anak. Penyakit ini ditandai dengan gejala yang ringan atau biasa hingga gejala yang berat sampai kematian. Anak yang menderita cacingan pada umumnya akan kehilangan banyak gizi dan nutrisi selain itu juga bisa membuat kecerdasan anak menjadi menurun.

Berikt adalah gejala, cara pencegahan, dan cara penularan penyakit cacingan pada anak yang harus bunda ketahui :

Penyakit cacingan pada anak

  • Gejala anak yang terkena penyakit cacingan

Berikut adalah beberapa gejala cacingan pada anak yang perlu anda waspadai dan ketahui :

– Anak terlihat lesu, letih dan mengantuk walaupun aktivitas yang dilakukan tidak terlalu banyak

–  Badannya kurus padahal jumlah porsi makanan melebihi batasa wajar pada anak seusianya

– Menggaruk – garuk anus saat tidur itu merupakan gejala cacing kreminya sedang bereaksi saat buah hati anda tidur

– Menurunnya produktivitas pada anak karena kekurangan darah yang disebabkan oleh kekurangan asupan protein pada tubuh si buah hati

– Gejala penyakit cacingan yang berat dapat menyebabkan infeksi usus pada anak yang berakibat kekurangan gizi dan daya tahan anak menjadi menurun. Jika tidak segera ditangani hal ini dapat menyebabkan infeksi lain dan bisa memudahkan penyakit lain untuk masuk kedalam tubuh si anak.

  • Cara penularan penyakit cacingan

Penularan penyakit cacingan adalah dengan cara cacing masuk ke dalam melalui kulit ataupun mulut manusia. Dan juga bisa melalui makanan atau minuman yang dimasak menggunakan air yang sudah tercemar oleh telur cacing. Apabila air yang tercemar digunakan untuk menyiram tanaman dan airnya sudah kering maka  kemungkinan besar cacing – cacing akan menempel pada debu jika debu tersebut tertiup angin maka debu tersebut akan berterbangan dan juga cacing – cacing itu juga akan ikut terbang dan menempel di makanan yang tidak di tutupi. Jika makanan yang sudah ditempeli oleh cacing dimakan makan cacing tersebut akan masuk kedalam tubuh dan juga berkembang biak didalam tubuh yang akan meyerap sari – sari makanan.

  • Cara pencegahan penyakit cacingan

Kebiasaan hidup sehat adalah salah satu cara pencegahan penyakit cacingan pada anak. Dan berikanlah obat cacing setiap 6 bulan sekali secara tuntas karena dengan melakukan hal tersebut dapat mengatasi infeksi cacingan dengan tuntas. Berikut adalah cara pencengahannya :

– Pakaikanlah alas kaki jika sikecil akan bermain keluar atau bermain dengan tanah

– Biasakanlah mereka mencuci tangan dahulu sebelum makan

– Potong kuku anak secara berkala

– Cuci sayuran dan buah – buahan dengan bersih

– Berhati – hatiah dan hindarilah makan makanan yang masih mentah atau setengah matang seperti sayuran dan daging

Nah bunda itulah beberapa ulasan tentang cacingan pada anak yang perlu bunda ketahui. Biasakanlah hidup sehat dan cuci tangan sebelum memakan sesuatu karena kebersihan merupakan kunci utama dari pencegahan penyakit yang setiap saat bisa menyerang anda dan keluarga anda. Baca juga yuk tentang Diare Penyakit Langganan Pada Anak Balita

author
No Response

Leave a reply "Cegah Penyakit Cacingan Pada Anak!"