Diare Penyakit Langganan Pada Anak Balita

No comment 1048 views

 

Diare Penyakit Langganan Pada Anak Balita

 

Penyakit Diare –¬†Diare memang salah satu penyakit yang sering kali menyerang bayi dan balita. Biasanya penyakit ini menyerang anak-anak pada umur 0-2 tahun. Ada banyak yang menyebabkan diare pada anak balita, salah satunya karena adanya bakteri dan virus melalui makanan yang mereka cerna biasanya diare dulu baru muntah. Sedangakan kalau keracunan makanan itu muntah dulu baru diikuti diare.

Akibatnya anak bisa kehilangan sejumlah cairan dan elektrolit tubuh kemudian akan mulai dehidrasi ringan, jika dibiarkan dehidrasi berat bahkan bisa sampai pada kematian. Pada dehidrasi ringan, sang anak akan kehilangan berat badan (BB) sekitar 0-5% dan masih bisa beraktivitas seperti biasanya. Sedangkan pada dehidrasi berat anak bisa kehilangan berat badannya nya lebih dari 10%, kemudian dia merasa lemas, haus berat, dan sering mengigau.

Untuk para orang tua tidak usah khawatir, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan air tajin. Air tajin selain cepat dicerna oleh sang anak, juga mengandung kadar glukosa cukup tinggi, yang akan mempermudah penyerapan elektrolit. Selain itu dua macam poliglukosa dalam tepung tajin dapat menyebabkan fases lebih padat. Keuntungan lain air tajin adalah adanya kandungan protein 7-10%

air tajin juga mengandung kabohidrat dan vitamiB1 yang cukup tinggi. Sebagaimana mestinya beras adalah sumber kabohidrat dan juga kaya vitaminB1. Namun ada yang perlu Anda cacat jangan berikan air tajin pada anak yang masih dibawah umur 6 tahun karena balita dibawah 6 tahun itu pencernaannya masih belum siap menerima makanan pendamping ASI dan jika air tajin itu diberikan bisa merusak ginjal dan mengakibatkan gangguan kesehatan yang fatal.

Asupan makanan yang baik dan benar adalah salah satu tindak pencegahan penyakit diare ini. Berikut tips memilih makanan untuk anak anda:

1. Jangan terlalu banyak memberikan makanan yang mengandung lemak, seperti santan, coklat, dan es krim

2. Jangan berikan makanan yang mengandung banyak serat pada penderita penyakit diare, seperti mangga dan kubis.

3. Berikan jus buah buahan yang bersifat netral yang tidak terlalu asam conthnya seperti melon.

4. Berikan makanan yang mengandung banyak pectin, seperti apel, pisang,wortel.

5. Pilih makanan yang mudah dicernah oleh sang anak, seperti bubur atau nasi tim.

6. Jangan menambah bumbu makanan, seperti merica, asam atau rempah rempah yang berbau menyengat.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Diare Penyakit Langganan Pada Anak Balita"