Tips Menjaga Gizi Balita Agar Selalu Terpenuhi

Gizi Balita

Gizi Balita – Memiliki balita yang sehat, cerdas dan aktif adalah impian dari setiap orang tua. Orang tua tentu selalu memberikan yang terbaik agar pertumbuhan balita bisa sempurna.

Orang tua selalu ingin balita-nya terpenuhi segala kebutuhan gizi balita atau nutrisi untuk tubuh dan otanya. jika kebutuhan gizi balita selalu tercukupi pastilah anak itu sehat dan cerdas.

Untuk para orang tua yang menginginkan kebutuhan gizi dari anak selalu tercukupi, bisa ikuti tips agar kebutuhan gizi balita tercukupi di bawah ini.

  1. Lakukan medical check up untuk balita setiap enam bulan sekali. Melalui ini kita dapat mengetahui kesehatannya. Apakah gizi balita tercukupi yang dapat terdeteksi melalui berat badan tinggi bandannya, ataukah gizinya kurang karena kita lengah mengawasi tumbuh kembangnya.
  2. Pemenuhan gizi balita yang baik dapat dilihat dari tumbuh kembangnya. Anak yang gendut belum tentu gizi balitannya terpenuhi. Bisa saja anak yang gendut adalah akibat ia terlalu banyak mengkonsumsi gula dan akhirnya menyebabkan obesitas pada tubuhnya. Gizi balita yang terpenuhi dapat dilihat dari caranya berpikir dan bertindak. Anak yang aktif dan pintar menangkap segala kondisi adalah bukti bahwa gizinya terpenuhi secara optimal. Anak yang pandai juga dapat dilihat ketika ia berhasil menceritakan kembali setiap peristiwa yang ia ingat dalam kesehariannya ketika dia bermain.
  3. Berikan anak protein dan karbohidrat kompleks. Menu makanan yang merupakan sumber karbohidrat kompleks dan protein adalah makanan yang bisa menghasilkan energy untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Jangan sampai orang tua membiarkan anak beraktivitas tanpa mendukungnya dengan memberikan gizi seimbang sehingga tidak mempunyai energy yang cukup. Berikan anak sarapan sereal, beberapa sumber protein seperti telur agar kesehatan anak tetap terjaga sepanjang hari.
  4. Berikan anak asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 adalah nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan otak anak. Nutrisi ini biasanya terkandung pada ikan. Dengan Anda memberikan nutrisi ini kepada anak maka Anda telah meningkatkan kecerdasan otak anak dan membuatnya berfikir jenius.
  5. Gizi balita bisa didapatkan dari sayur-sayuran, buah-buahan dan susu. Kita memberikan telur, hati ayam, sayur brokoli, wortel dan beberapa sayuran kaya serat lainnya. Jika ana sangat gemar dengan camilan, coba disiasati engan mengganti camilan tersebut dengan buah. Camilan yang banyak mengandung MSG atau perasa makanan dapat membuat kerusakan otak apabila dikonsumsi secara berkepanjangan.
  6. Berikan susu 2 kali sehari pada pagi dan malam hari. Jangan memberikan susu pada saat dia lapar, minum susu secara berlebihan juga tidak baik, karena bisa menyebabkan balita jadi tidak suka makan.

 

Poin-poin di atas telah menjelaskan tentang cara menjaga kebutuhan gizi anak, bagi orang tua harus benar-benar menjaga kesehatan anak agar bisa tumbuh sehat dan cerdas.

author
No Response

Leave a reply "Tips Menjaga Gizi Balita Agar Selalu Terpenuhi"