Hentikan 6 Kebiasaan Buruk Anak ini Sekarang Juga!

Hentikan 4 Kebiasaan Buruk Anak ini Sekarang Juga!

Kebiasaan anak – Pada usia balita, anak – anak akan bertingkah sangat lucu dan menggemaskan tak jarang banyak orang yang dibuat terhibur oleh tingkah lakunya tersebut. Tapi terkadang balita juga bertingkah yang tidak baik dan menjadi kebiasaan yang harusnya dihindari.

Kebiasaan anak yang kurang baik sering disadari oleh bunda namun kadang tidak mendapat perhatian, padahal seharusnya tingkah laku yang dilakukan balita tersebut agar tidak menjadi kebiasaan yang melekat hingga nanti dia dewasa harus dihentikan secepat mungkin. Seperti contohnya anak mempunya kebiasaan mengupil, sebenarnya hal ini sederhana namun merupakan salah satu kegiatan yang kurang bagus. Balita terkadang cuek dengan kebiasaan bagus jika orang tua tidak ikut mengingatkan. Untuk itu bunda harus berperan menghentikan kebiasaan anak yang tidak baik berikut ini.

Kebiasaan buruk anak balita yang harus dihindari

1. Kebiasaan mengupil
Tidak hanya menjijikan, jika anak mempunyai kebiasaan mengupil dapat membahayakan hidungnya. Memasukan tangan kedalam hidung dapat membuat hidung terluka apalagi jika tangan anak dalam keadaan kotor ketika anak asik mengupil kemudian hidung terluka dan terkena kotoran dari tangan balita akan membuat infeksi dalam hidung.

Untuk menghentikan kebiasaan mengupil ini beri anak mainan dan benda – benda kesayangannya agar disibukan dengan kegiatan lain. Dan biasakan anak untuk membersihkan kotoran dalam hidung dengan menggunakan tisu tanpa harus mengupil.

2. Kebiasaan tidak menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin
Hal ini memang sering dilakukan anak – anak ketika batuk ataupun bersin mereka tidak mau menutup hidung dan mulutnya padahal ketika batuk atau bersin dapat menularkan virus kepada orang lain.

Untuk menghentikannya Anda hanya perlu menjadi contoh yang baik, ketika Anda sedang batuk ataupun bersin harus menutup mulut dan hidung. Dan jangan lupa untuk selalu mengingatkan kepada anak agar tidak lupa, kemudian suruh anak untuk membersihkan tangan agar tidak menyebarkan virus tersebut.

3. Kebiasaan menggigit kuku
Menggigit kuku merupakan kebiasaan anak yang harus dihindari karena dengan menggigit kuku dapat menyebabkan kuman dan infeksi sehingga dapat membuat anak terserang penyakit pada pencernaan. Selain itu menggigit kuku dapat membuat jari anak berdarah dan terluka.

Untuk mengghentikannya Anda harus rajin membersihkan kuku anak dengan memotongnya setiap kali kuku muncul agak panjang. Jangan takut mengomeli anak demi kebaikan, jadi Anda harus selalu mengingatkan anak agar kebiasaan itu tidak terulang kembali.

4. Kebiasaan makan dari lantai

Biasanya anak mengambil kembali makanan yang dibawanya saat jatuh dari lantai kemudian dia memakannya. Kebiasaan ini harus dihindari karena dampak buruk jika ada yang tidak sengaja menginjak kotoran hewan, lantai rumah Anda akan dipenuhi parasit, salmonella, atau kuman lainnya yang berhabaya. Kemungkinan anak Anda mengalami penyakit serius sangat besar jika kebisaan ini tidak dihilangkan.

Untuk menghentikan kebiasaan buruk pada anak yang satu ini, katakan tidak jika anak Anda mau memungut makanan dari lantai. Bersihkan lantai rumah setiap hari karena kuman tidak bisa hidup di lingkungan yang bersih. Jangan pikir jika makanan yang jatuh ke lantai bersih walaupun itu hanya 5 detik. Menurut penelitian kuman sudah menempel di begitu makanan tersebut menyentuh lantai.

5. Kebiasaan menghisap jempol

Anak-anak suka menghisap jari jempol mereka karena itu dapat membuat mereka tenang. Anda tidak dapat menghentikan kebiasaan ini, kesempatan berhenti akan datang pada anak saat ia merasa harus berhenti.

Hal ini juga tidak baik memanggil anak Anda hanya karena ia masih menghisap jari jempol dan menghentikan mereka melakukan kebiasaan itu. Itu tidak akan berhasil dan mereka akan merasa sangat buruk.

Untuk menghentikan kebiasaan ini pada anak, Anda haruslah bersabar dan menunggu waktu. Atau, jika anak mulai tampak ingin menghisap jempolnya, alihkan perhatiannya dengan mengjaknya bermain atau membaca buku.

6. Kebiasaan tidak mencuci tangan
Setelah main biasanya anak akan langsung saja mengambil makanan yang berada di meja makan tanpa mencuci tangan dulu. Hal ini tentu saja dapat membawa dampak negatif yaitu penumpukan kuman yang akan menyebabkan bakteri, virus, dan cacing pita.

Untuk menghentikan kebiasaan anak ini selalu awasi anak setelah selesai bermain dan ingatkan jika dia langsung menggambil makanan. Jadikan mencuci tangan merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh anak.

Itulah beberapa kebiasaan anak yang sering kali dilakukan dan merupakan hal buruk yang harus dihindari. Untuk itu bunda sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan anak. Baca juga : 7 Trik Jitu Mengatasi Balita Susah Makan!

author
No Response

Leave a reply "Hentikan 6 Kebiasaan Buruk Anak ini Sekarang Juga!"