Ini 5 Manfaat Penting Imunisasi Bagi Bayi

No comment 3676 views

imunisasi-pada-bayi

Imunisasi – Pentingnya Manfaat imunisasi bagi kesehatan serta perkembangan anak. Sebab itulah seorang anak yang baru lahir sudah diwajibkan untuk di beri imunisasi secara rutin, semua itu bertujuan untuk mendapatkan vaksinasi untuk menambah kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit bahkan kematian pada usia dini.

Imunisasi merupakan bagian dari pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) kedalam tubuh anak untuk memberikan kekebalan tubuh terhadap jenis penyakit tertentu. Selain itu, tujuan pemberian vaksinasi juga untuk melindungi individu tersebut dari jenis penyakit yang bisa membahayakan jiwa anak-anak. Berikut ini adalah manfaat imunisasi bagi kesehatan anak yang harus Anda ketahui.

1. Imunisasi Menyelamatkan Jiwa Bayi

Dengan Imunisasi, dapat mengakal aneka penyakit yang berbahaya dan mematikan pada anak. Berkat perkembangan teknologi vaksinasi,  telah dieliminasi dan dibasmi. Contohnya polio di Amerika Serikat. Penyakit penyebab kelumpuhan dan kematian bayi serta anak-anak itu, telah musnah di AS ditandai dengan tidak ada lagi kasus polio yang dilaporkan.

2. Imunisasi Aman dan Efektif

Seluruh jenis imunisasi bayi dan anak dihasilkan lewat  pengujian yang penuh kehati-hatian selama  bertahun-tahun dengan melibatkan ilmuwan, dokter dan tenaga medis profesional. Beberapa vaksinasi memang menimbulkan efek samping tidak nyaman seperti nyeri, merah atau bengkak, namun sangat minimal dan tidak ada artinya dibanding bila bayi terjangkit penyakit berbahaya yang hendak dicegah. Uji komprehensif yang dilakukan para ahli, termasuk American Academy of Pediatrics, telah menetapkan tidak ada hubungan antara imunisasi dengan autisme.

3. Imunisasi Tak Hanya Melindungi Bayi Anda, Juga Bayi dan Anak Lain

Bayi-bayi yang mengidap alergi atau tengah menjalani pengobatan, tidak dapat diimunisasi sehingga rentan terjangkit penyakit. Penting bagi bayi-bayi yang sehat untuk diimunisasi agar tidak menjadi sumber atau perantara penyakit yang dapat menyebar dan membahayakan si kecil yang kurang beruntung.

4. Imunisasi Melindungi Generasi Masa Depan

Imunisasi terbukti telah mengurangi dan memberantas banyak penyakit berbahaya dari muka bumi.  Imunisasi bayi kita sekarang, maka di masa depan akan bertambah lagi daftar penyakit yang musnah. Kita telah ikut menyelamatkan generasi masa depan.

5. Imunisasi Menghemat Waktu dan Pengeluaran Anda di Masa Depan

Bayi yang diimunisasi tentunya akan lebih kecil resikonya terjangkit penyakit yang bisa ditangkal dengan vaksin tersebut. Tentunya ini akan menghemat biaya terutama dalam hal biaya medis dan kesehatan. Apalagi imunisasi biasanya diberikan subsidi oleh pemerintah terutama bagi mereka yang dari keluarga tak mampu atau dicover oleh asuransi. Bila anak Anda menderita penyakit akibat tidak diimunisasi, pastinya waktu Anda akan tersita untuk merawatnya serta pengeluaran lebih besar untuk pengobatannya.

Imunisasi bayi memang sangat penting, namun terkadang Anda sering mengalami kesusahan karena bayi yang akan diimunisasi sering kali rewel sehingga Anda harus mengikuti tisp berikut ini.

1. ASI saat imunisasi
Jika bayi Anda masih minum ASI ketika tiba saatnya imunisasi, susuilah ia ketika jarum disuntikkan ke tubuhnya. Kontak antara permukaan kulit Anda dan bayi (skin to skin contact) akan membuatnya merasa lebih nyaman. Sedangkan aktivitas menghisap payudara akan membuatnya lupa pada rasa sakit akibat disuntik.

2. Alihkan perhatiannya
Berbicaralah dengan lembut pada bayi Anda beberapa saat sebelum imunisasi dilaksanakan. Belilah sebuah mainan baru dan tunjukkan padanya tepat sebelum jarum vaksin menyentuh kulitnya.

Pastikan pandangannya mengarah pada Anda, sehingga ia tidak menyadari kalau akan disuntik. Ini adalah hal yang seyogyanya Anda lakukan jika tidak ingin bayi merasa trauma terhadap jarum.

3. Sehat dan ceria sebelum imunisasi
Sebelum berangkat, kenakanlah pakaian yang paling nyaman dan mampu menyerap keringat pada bayi. Karena imunisasi biasanya dilakukan di pagi hari, pastikan bayi cukup kenyang dan tidak mengantuk.

Dokter biasanya melarang anak untuk diimunisasi ketika ia sakit, sehingga pastikan bayi Anda dalam kondisi fit atau Anda terpaksa pulang dengan tangan hampa karena ditolak untuk mendapatkan imunisasi.

Imunisasi bayi menjadi hal yang menyenangkan untuk si kecil jika Anda mempersiapkannya dengan tepat dan benar, namun jika dirasa langkah diatas belum cukup untuk mengatasi bayi menangis ketika imunisasi Anda dapat memberinya krim anastesi, tapi perlu diingat jika tidak semua bayi cocok dengan krim anastesi. Baca juga : 5 Cara Meningkatkan Imunitas Pada Bayi!

author
No Response

Leave a reply "Ini 5 Manfaat Penting Imunisasi Bagi Bayi"